Profil Alex Turner, Vokalis dari Arctic Monkeys yang Bakal Konser di Jakarta

Apa lagu Arctic Monkeys favorit lo, Kawula Muda?

Vokalis Arctic Monkeys, Alex Turner (INSTAGRAM/ALEXTURNERED)
Fri, 03 Mar 2023

Grup band rock asal Inggris, Arctic Monkeys, kini tengah menggelar tur dunia. Adapun Jakarta akan mereka singgahi pada 18 Maret mendatang, Kawula Muda! Konser tersebut akan diselenggarakan di Beach City International Stadium Ancol. 

Salah satu personil menarik dari Arctic Monkeys yang banyak difavoritkan adalah sang vokalis, Alex Turner. Kemampuan vokalnya yang kuat rupanya berhasil memancarkan daya pikat yang besar. 

Untuk lo yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Alex Turner, berikut profil lengkapnya! 

Profil Alex Turner

Vokalis Arctic Monkeys, Alex Turner (INSTAGRAM/ALEXTURNERED)

 

Alex Turner adalah seorang musisi, penulis lagu, dan penyanyi asal Inggris yang terkenal sebagai vokalis utama band rock Arctic Monkeys. Ia lahir pada tanggal 6 Januari 1986 di Sheffield, Inggris, dan mulai terkenal pada tahun 2006 dengan lagu hitsnya "I Bet You Look Good on the Dancefloor".

Alex Turner dibesarkan di lingkungan keluarga kelas menengah di Sheffield, Inggris. Ayahnya, David Turner, adalah seorang guru bahasa Inggris di sekolah menengah. Sedangkan ibunya, Penny Turner, adalah seorang guru juga. Alex memiliki seorang adik perempuan bernama Amy.

Ketertarikan Alex terhadap musik dimulai sejak kecil, tepatnya ketika ia belajar bermain gitar dari ayahnya dan mulai menulis lagu-lagu sendiri. Ia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya dengan mendengarkan musik, seperti The Beatles, The Rolling Stones, dan David Bowie, yang kemudian menjadi pengaruh besar dalam musiknya.

Karier Musik di Arctic Monkeys

Vokalis Arctic Monkeys, Alex Turner (INSTAGRAM/ALEXTURNERED)

  

Alex Turner memulai karier musiknya bersama Arctic Monkeys pada tahun 2002. Ia bertemu dengan drummer band, Matt Helders, di sekolah. Kemudian, ia pun merekrut bassist Andy Nicholson dan gitaris Jamie Cook untuk bergabung dalam band tersebut. 

Mereka pun mulai bermain di klub-klub kecil di Sheffield. Hingga pada 2006, Arctic Monkeys pun merilis single pertama mereka, "I Bet You Look Good on the Dancefloor". Lagu tersebut dengan cepat menjadi hit di Inggris.

Album debut Arctic Monkeys, Whatever People Say I Am, That's What I'm Not dirilis pada tahun 2006 dan langsung meraih sukses besar. Album ini menjadi album debut tercepat terjual di Inggris sepanjang masa dan memenangkan penghargaan Mercury Prize tahun 2006 loh, Kawula Muda! 

Sementara itu, Alex Turner juga terlibat dalam proyek musik lainnya. Sebut saja band The Last Shadow Puppets bersama Miles Kane. Mereka pun merilis dua album pada tahun 2008 dan 2016. 

Alex Turner juga tidak lupa berkarir solo, Kawula Muda! Ia telah merilis dua album solo, Submarine pada tahun 2011.

Alex Turner pun dikenal sebagai seorang penulis lagu yang cerdas dan memiliki gaya vokal yang khas. Ia sering menggunakan bahasa Inggris slang dalam lirik lagunya, yang kemudian menjadi ciri khas Arctic Monkeys yang ikonis. Musiknya memiliki pengaruh yang kuat dari genre rock, punk, dan indie rock, serta pengaruh dari musik David Bowie dan Lou Reed.

Kehidupan Asmara Alex Turner

Kekasih Alex Turner kini, Louise Verneuil (INSTAGRAM/IAMLOUISEVERNEUIL)

 

Meskipun Alex Turner terkenal sebagai sosok yang sangat tertutup tentang kehidupan pribadinya, terdapat juga beberapa berita hubungan asmara yang pernah ia jalani yang beredar di media.

Sang vokalis diketahui pernah menjalin hubungan dengan presenter sekaligus desainer, Alexa Chung. Keduanya pertama kali bertemu pada tahun 2007. Tepatnya ketika Alexa Chung menjadi pembawa acara di acara penghargaan NME Awards. 

Kemudian, pada tahun yang sama, keduanya mulai berpacaran dan menjadi sorotan media. Sayangnya, setelah empat tahun bersama, pasangan ini akhirnya mengakhiri hubungan mereka pada tahun 2011.

Setelah putus dengan Alexa Chung, Alex Turner dikabarkan menjalin hubungan dengan model Amerika Serikat, Arielle Vandenberg pada tahun 2011. Keduanya pun sering terlihat bersama di beberapa acara dan konser. Namun, hubungan mereka berakhir pada tahun yang sama.

Kemudian, pada tahun 2015, Alex Turner dikabarkan kembali berpacaran dengan Alexa Chung. Pasangan ini terlihat sering bersama di berbagai acara dan konser, tetapi mereka tidak pernah mengonfirmasi hubungan mereka secara resmi. Hubungan mereka pun dikabarkan berakhir pada tahun 2018.

Setelah berpisah dengan Alexa Chung, Alex Turner kembali dikabarkan menjalin hubungan dengan model Taylor Bagley. Keduanya pertama kali terlihat bersama di New York Fashion Week pada tahun 2018. Namun, hubungan mereka juga tidak berlangsung lama dan berakhir pada tahun 2019.

Kini, kekasih Alex adalah Louise Verneuil. Telah dua tahun merajut hubungan dengan Alex, Louise terlihat cocok dengan vokalis band terkenal ini karena keduanya merupakan seorang musisi. Semoga langgeng-langgeng ya, Love bird!

Berita Lainnya