Riset: Pendengar Lagu Taylor Swift Punya Nilai IPK yang Tinggi

Abis ini langsung mau dengerin lagu Taylor Swift!

Studi sebut orang yang mendengarkan lagu Taylor Swift bisa membuat nilai akademik siswa atau IPK bisa tinggi (STUDY FINDS)
Fri, 21 Jul 2023


Kawula Muda, ternyata pemilihan musik untuk didengarkan saat belajar berpengaruh dengan angka pencapaian akademik tertinggi atau nilai IPK, nih. 

Kalau lo ingin mendapatkan nilai bagus dan produktif dalam belajar, lagu-lagu Taylor Swift pun rupanya menjadi jawabannya, Kawula Muda.

Sebuah penelitian dari College Rover melakukan penelitian kepada 1.025 mahasiswa yang berusia 18 sampai 23 tahun tentang playlist lagu mereka saat belajar.

Melansir dari laman resminya, College Rover, Jumat (21/07/2023), penelitian ini juga menggunakan data dari API Spotify yang menganalisis 48.077 lagu untuk menemukan lagu mana yang berkorelasi dengan nilai akademik tertinggi.

Studi sebut orang yang mendengarkan lagu Taylor Swift bisa membuat nilai akademik siswa atau IPK bisa tinggi (COLLEGE ROVER)

 

Peneliti menggunakan beberapa genre musik, mulai dari Lo-Fi, Klasik, Soundtrack, Pop, EDM, Chillpop, Hip-Hop/Rap, R&B, Rock, dan K-Pop yang banyak didengarkan mahasiswa sebagai sample.

Hasilnya, untuk artis favorit mahasiswi adalah, Taylor Swift, SZA, dan The Weeknd. Sedangkan mahasiswa pria lebih sering mendengarkan The Weeknd, 21 Savage, dan Kendrick Lamar.

Taylor Swift ternyata menjadi penyanyi dengan lagu-lagu yang bisa membuat mahasiswa/i memiliki nilai akademik tinggi yaitu dengan IPK  3,5 - 4,0.

Peneliti mengungkapkan, 38% mahasiswa mereka sangat sering mendengarkan musik saat sedang belajar, dan 27% tidak selalu.

Menurut mereka, 69% musik membuat belajar menjadi lebih tenang, 64% menjadi santai dan mengurangi stres, dan 60% termotivasi. Angka paling terakhir yaitu 11% dengan meningkatkan manajemen dalam belajar.

Walau demikian, genre Pop seperti Taylor Swift bukanlah genre yang cermat untuk belajar. Berdasarkan College Rover Study, playlist genre Lo-Fi yang berada di posisi teratas sebagai genre yang bisa membantu belajar produktif. Sementara untuk genre Pop berada di peringkat 4.

Gimana Kawula Muda, lo termasuk yang suka dengar lagu Taylor Swift pas belajar?

Berita Lainnya