Shakira jadi Penyanyi Latin Pertama yang Raih Vanguard Award MTV VMA 2023

Kereeen, Kawula Muda!

Shakira catat sejarah jadi musisi Latin pertama yang mendapatkan Vanguard Award MTV VMA 2023 (ELLE)
Tue, 29 Aug 2023

Penyanyi Shakira akan menerima penghargaan The Michael Jackson Video Vanguard Award di MTV VMA 2023. Ini merupakan penghargaan tertinggi di industri musik dunia, loh Kawula Muda.

Vanguard Award MTV VMA biasanya diberikan untuk para musisi yang memiliki kontribusi besar untuk industri musik, memiliki video musik yang ikonis, dan sudah lama berkecimpung di industri musik.

Shakira menjadi artis Amerika Selatan pertama yang menerima Vanguard Award dan tampil pertama kali di MTV Video Music Awards.

“Shakira adalah kekuatan global sejati yang terus menginspirasi dan mempengaruhi massa dengan kehebatan musiknya yang unik," ucap Bruce Gilmer selaku produser eksekutif musik Paramount, mengutip Variety Selasa (29/08/2023).

Selain itu, Shakira adalah penyanyi wanita di seluruh dunia dan menjadi salah satu artis pertama yang memimpin globalisasi musik Latin.

Nantinya dalam acara MTV VMA, Shakira akan tampil dengan lagu-lagu hits miliknya sepanjang karier.

Kemungkinan besar, Shakira juga akan menampilkan lagu suksesnya TGQ yang rilis pada 2023. Lagu ini berkolaborasi dengan Karol G yang memulai debutnya dan mencapai No. 7 di Billboard Hot 100 pada bulan Maret.

Selain itu, istri mantan pesepak bola Gerard Pique ini masuk dalam empat kategori MTV VMAs. Nominasi yang dipegang olehnya adalah Artis Terbaik, Latin Terbaik dan Kolaborasi Terbaik untuk "TQG", dan bahasa Latin terbaik untuk "Acrostico".

Sejauh ini, lebih banyak musisi laki-laki yang dianugerahi penghargaan The Michael Jackson Video Vanguard Award. Tercatat baru ada 8 musisi perempuan yang pernah mendapatkan penghargaan Vanguard Award dan Shakira akan menjadi yang kesembilan.

Sebelumnya ada Beyonce, Nicki Minaj, Madonna, Janet Jackson, Jennifer Lopez, Rihanna, P!nk dan Missy Elliott.

Berita Lainnya