Tips Menonton Konser di Luar Negeri dengan Aman dan Hemat Biaya

Share tips lo ke Kawula Muda lainnya juga, dong!

Tips menonton konser di luar negeri aman dan hemat (SHUTTERSTOCK)
Tue, 13 Jun 2023

Jika mempunyai budget lebih, beberapa orang memilih untuk menonton konser di luar negeri. Selain menambah pengalaman baru, tidak semua musisi menjadikan Indonesia sebagai destinasi mereka, melainkan negara tetangga.

Sebagai seorang fans, menonton konser musisi atau band favorit bukan hanya sekadar ikut-ikutan alias fear of missing out (FOMO), namun suatu tujuan yang pasti akan dilakukan.

Nah, untuk lo yang ingin menonton konser di luar negeri, simak tips aman dan hemat biaya untuk menonton konser di luar negeri!

1. Menabung Jauh-Jauh Hari

Simak tips menonton konser di luar negeri untuk lo si newbie (YOUTUBE/Coldplay)

Meski saat ini pengumuman konser masih jauh dari hari berlangsungnya konser, tetapi penjualan tiket dibuka dengan rentang waktu yang sebentar. Maka dari itu, lo bisa menyiasatinya dengan menabung sudah sejak sebelum tanggal konser diumumkan.

Biasanya pihak manajemen artis atau penyelenggara akan nge-spill tipis-tipis kemungkinan tur atau kedatangan musisi kesayangan lo.

Tidak hanya itu, jika lo memang seorang die hard fans, lo harus menyiapkan tabungan khusus atau budget untuk menonton konser idola lo, terutama jika ingin menonton di luar negeri.

2. Cari Teman Nonton Konser di Luar Negeri

Tips aman dan hemat nonton konser di luar negeri (YOUTUBE/Coldplay)

Jika idola lo kebetulan sama dengan teman atau kerabat, lo bisa mengajak mereka untuk ikut berangkat nonton konser di luar negeri. Selain seru, menonton konser di luar negeri beramai-ramai juga banyak keuntungannya, loh! Tidak hanya bisa cost sharing atau patungan, lo juga akan lebih merasa aman jika tidak pergi sendiri, bukan?

Jangan khawatir jika harus pergi sendiri. Sebab, di era kemajuan komunikasi saat ini, lo bisa mencari fanbase baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa orang sudah merasakan keseruan ‘grouping’ bersama teman-teman satu fanbase saat menonton konser di luar negeri, loh!

3. Cari Penginapan di Dekat Venue dan Hindari Naik Taksi

Tips aman dan hemat nonton konser di luar negeri (YOUTUBE/Coldplay)

Penting untuk mencari penginapan di dekat venue atau transportasi umum. Tidak hanya menekan biaya transportasi, daerah-daerah di dekat venue atau transportasi umum juga memiliki akses yang mudah. Hal ini juga akan berpengaruh dengan tempat makan dan lainnya, Kawula Muda. Lo juga enggak perlu mengeluarkan uang lebih untuk naik taksi karena bisa menghemat dengan naik transportasi umum.

4. Beli Tiket di Laman Resmi

Biasanya, pihak penyelenggara akan menyediakan momen sebelum penjualan tiket atau presale. Selain harganya jauh lebih murah, lo bisa menentukan akan menonton di kategori apa.

Membeli tiket di laman resmi tidak hanya menghindarkan lo dari ancaman penipuan, namun juga akan memudahkan urusan lain, seperti refund dan lainnya.

5. Pastikan Administrasi Lengkap

Meski lo memutuskan untuk menonton di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, atau Thailand yang tidak memerlukan visa, beberapa negara akan mempertanyakan tiket pulang lo, Kawula Muda.

Penting untuk menyiapkan segala administrasi secara lengkap, tidak hanya paspor dan data diri, lo juga harus meyakinkan pihak imigrasi di mana tempat lo akan tinggal dan juga kebutuhan lainnya.

6. Bawa Tas Secukupnya

Tidak hanya membawa tas kecil untuk konser agar lebih aman dan praktis. Membawa barang bawaan seperlunya juga harus diperhatikan, loh. Ingat, lo pergi ke luar negeri untuk menonton konser, bukan berlibur. Lain halnya jika memang lo sengaja berlibur ya, Kawula Muda.

Pasalnya, beberapa maskapai dan imigrasi akan mengecek barang bawaan lo, nih. Jadi, pastikan untuk membawa barang seperlunya saja, ya. Jangan sampai, akibat barang berlebih, lo jadi terkena denda atau biaya lainnya. Sayang banget, kan?

7. Kesehatan Nomor Satu

Cuaca di luar negeri mungkin akan lebih panas atau dingin dibandingkan di Indonesia. Memiliki jadwal yang padat dan singkat bisa membuat kesehatan tubuh lo terganggu, loh. Pastikan untuk selalu minum air putih dan menyiapkan vitamin tambahan untuk daya tahan tubuh lo. Sudah jauh-jauh untuk menonton idola tapi malah sakit bukan keinginan semua orang!

8. Siapkan Uang Cash

Meski saat ini metode pembayaran sudah beragam dan juga negara-negara lain menerapkan cashless, lo juga harus tetap menyiapkan uang tunai ya, Kawula Muda! Sebab, lo tidak pernah tahu jika gerai yang lo kunjungi tidak menerima pembayaran digital, apa lagi jika lo membeli street food. Tidak hanya itu, saat di venue konser, terdapat pernak-pernik gemas yang bisa lo beli dengan uang tunai!

9. Atur Budget dengan Rapi

Salah satu tips konser di luar negeri dengan aman dan tetap hemat adalah mengatur budget dengan rapi. Pastikan lo sudah mengatur budget dengan sangat baik saat masih di Indonesia. Misalnya, akomodasi, transportasi, makan, dan juga hal kecil lain seperti apakah lo ingin membeli merchandise atau tidak?

Lo juga harus disiplin atau strict to budget yang sudah lo buat ya, Kawula Muda! Jika pergi beramai-ramai, lo bisa menginap di hostel atau membagi kamar bersama teman-teman lo. Tidak hanya itu, tiket pesawat juga bisa lo beli dengan harga yang tidak terlalu mahal jika lo menggunakan voucher, poin, dan membelinya jauh-jauh hari.

Kawula Muda, itulah tips menonton konser di luar negeri. Saat ini, perbincangan hangat warganet Indonesia adalah keinginan untuk menonton konser Coldplay di Singapura pada awal 2024 nanti. Lo sendiri bagaimana? 

Berita Lainnya