Kena Tipu EO Study Tour, MAN 1 Bekasi Juara Skulprize Dibikin Pensi Gratis dari Prambors

Semangat MAN 1 Bekasi patut jadi contoh untuk semua orang!

Kronologi MAN 1 Bekasi gagal study tour akibat ditipu oleh EO (MAN 1 BEKASI)
Tue, 13 Jun 2023

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bekasi harus menelan pil pahit saat rencana study tour sekaligus perpisahan ke Yogyakarta bakal akibat  jadi korban penipuan.

Ratusan siswa MAN 1 Bekasi diketahui menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh pihak event organizer (EO) yang membawa kabur uang mereka. Pemilik EO diketahui menggelapkan dan menipu perjalanan sekolah MAN 1 Bekasi sebanyak Rp 474.500.000.

Pihak sekolah bersama wali murid kemudian melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian dan Polsek Bekasi Utara telah menetapkan Aditya Rizki Permana (ARP) sebagai tersangka dan ditahan.

Kronologi MAN 1 Bekasi yang Batal Study Tour Karena Penipuan EO

Polisi tetapkan EO yang tipu MAN 1 Bekasi jadi tersangka (POLRES METRO BEKASI KOTA)

Setelah membuat rencana untuk melakukan study tour sekaligus perpisahan ke Yogyakarta, terdapat lima EO yang memberikan penawaran kepada MAN 1 Bekasi.

MAN 1 Bekasi kemudian menjatuhkan pilihan kepada Jogja Holiday Centre (JHC) yang menawarkan berbagai fasilitas, seperti hotel bintang 4, wisata Lava Tour, Tubing Klaten, Malioboro, hingga kunjungan ke universitas Gadjah Mada (UGM).

Sesuai kesepakatan, MAN 1 Bekasi seharusnya berangkat ke Yogyakarta pada 28 Mei 2023, Kawula Muda. Namun, pihak EO melakukan pembatalan secara sepihak dan menunda keberangkatan menjadi 3 Juni 2023.

"Jadi H-1 pihak EO membatalkan secara sepihak. Waktu itu kami akhirnya panggil pihak EO, kami musyawarah dengan pihak EO alasannya (gagal berangkat pertama) sangat subyektif, menurut kami enggak masuk akal," kata Samsudin melansir Kompas, (13/06/2023).

"Mereka meyakinkan pasti berangkat, seluruh persiapan akan dipersiapkan dari 28 Mei sampai 8 Juni, tapi ternyata tanggal 8 juga ingkar janji," kata Samsudin.

Siswa Sudah Bayar Rp 2 Juta, Namun Gagal Berangkat

Sejumlah 288 siswa diketahui sudah melunasi iuran yang ditetapkan bersama EO. Uang yang dibayarkan ke wali kelas dan disetor ke EO.

Masing-masing siswa tersebut diharuskan membayar Rp 1,999 juta, Kawula Muda. Pihak EO yang sudah menerima uang sebesar Rp 474 juta pun tidak menepati janjinya.

Para siswa yang gagal berangkat pun langsung menangis ketika mengetahui kabar jika mereka gagal pergi ke Yogyakarta.

Pihak Kepolisian Tahan Tersangka

Tersangka penipuan study tour MAN 1 Bekasi, Aditya Rizki Permana, ditahan. Tersangka mengaku menilap duit para siswa karena terlilit utang (JABAR NEWS)

MAN 1 Kota Bekasi melaporkan pihak EO secara perdata dugaan penipuan serta penggelapan uang. Pihak kepolisian pun mengaku sudah menangkap ARP selaku pemilik EO.

"Sudah ditangkap, Aditya Rizki Permana selaku pemilik EO," kata Kapolsek Bekasi Utara Kompol Arwan mengutip Detik, Selasa (13/06/2023).

"Sudah tersangka dan sudah ditahan," imbuhnya.

Menurut keterangan kepolisian, ARP diketahui melakukan penipuan akibat terlilit hutang, Kawula Muda.

"Pengakuannya buat bayar utang," Kompol Arwan. 

Arwan mengatakan tersangka Aditya memiliki utang di mana-mana. Jumlah utangnya pun bervariasi, ada yang Rp 50 juta dan ada Rp 100 juta.

ARP mengaku sudah membayarkan uang para siswa untuk akomodasi hotel dan bus, namun saat dimintai bukti pembayaran hotel, ARP tidak dapat menunjukkannya, Kawula Muda.

Akibat perbuatannya, ARP dijerat dengan Pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun.

Sejumlah barang bukti yang disita polisi di antaranya kuitansi pembayaran senilai Rp 474.500.000.

Meski begitu, pihak MAN 1 Bekasi mengatakan jika mereka akan tetap berangkat study tour, tepatnya pada tanggal 15 Juni 2023 besok, Kawula Muda!
"Kelanjutan dari berita yang kemarin sempat viral itu EO yang bersangkutan sudah ditangani pihak yang berwenang (kepolisian) dan sekarang masalahnya sudah clear," ujar Meyla, Ketua OSIS MAN 1 Bekasi saat dihubungi pihak Prambors, Selasa (13/06/2023).

"Alhamdulillah kelas 12 tetap melaksanakan study tour tanggal 15 besok dengan EO yang berbeda," pungkas Meyla.

Tunjukkan Kegigihan, MAN 1 Bekasi Jadi Pemenang Mangkal On Skul: Skulprize 2023 Prambors

Batal pergi ke Yogyakarta tidak membuat MAN 1 Bekasi berlama-lama untuk bersedih loh, Kawula Muda. Pasalnya, MAN 1 Bekasi menjadikan momentum ini untuk menyatukan kekuatan dan menjadi pemenang “Mangkal On Skul: Skulprize 2023” event dengan hadiah dibikinin pensi gratis dari Prambors.

MAN 1 Bekasi sukses menjadi pemenang “Mangkal On Skul: Skulprize 2023” dengan perolehan nilai 12.896. Hal ini berarti, MAN 1 Bekasi mengalahkan puluhan SMA sederajat se-Indonesia.

“Mangkal On Skul: Skulprize 2023” sendiri adalah event di mana Prambors akan datang ke sekolah Kawula Muda untuk membuatkan pensi gratis.

“Mangkal On Skul: Skulprize 2023” akan dihadiri oleh GAC, Lomba Sihir, UN1TY, Dere, dan Chainia Lovera.

Keren banget MAN 1 Bekasi! Sampai bertemu di “Mangkal On Skul: Skulprize 2023”!

Berita Lainnya