YG Entertainment Dinilai Kurang Kreatif untuk Debut BABYMONSTER

BABYMONSTER deserve better lahhh

Lirik Lagu "BATTER UP" BABYMONSTER yang Baru Debut bersama YG Entertainment (YouTube/BABYMONSTER)
Thu, 30 Nov 2023

BABYMONSTER, girl group baru dari YG Entertainment resmi debut dengan lagu “BATTER UP” pada 27 November 2023. 

Grup yang akhirnya debut dengan enam member yakni Rora, Rami, Chiquita, Pharita, Asa dan Ruka ini hadir dengan kesan grup yang swag khas dari agensi YG Entertainment.

BABYMONSTER awalnya terdiri dari tujuh gadis yang berasal dari Korea, Thailand dan Jepang, lalu batal debut bersama Ahyeon yang mundur karena alasan kesehatan.

YG Entertainment umumkan BABYMONSTER akan debut sebagai lima member (SOOMPI)

 

Sebelum akhirnya resmi merilis lagu “BATTER UP” di awal pekan ini, tanggal debut dari BABYMONSTER sendiri sempat ditunda dari yang dikabarkan akan debut pada September 2023 menjadi 27 November 2023.

Selain itu, lagu ini mendapatkan beberapa kritik dari penggemar musik K-Pop yang merasa kurang puas karena sudah menunggu cukup lama dan YG Entertainment dinilai kurang kreatif dalam menentukan konsep, pihak agensi hanya memberikan BABYMONSTER lagu dengan konsep yang sama dengan grup pendahulunya yakni 2NE1 dan BLACKPINK.

Padahal, alasan mundurnya jadwal debut salah satunya karena agensi merasa harus lebih cermat dalam memilih musik yang tepat untuk BABYMONSTER.

Penggemar musik K-Pop pun banyak yang merasa kecewa dan membandingkan grup ini dengan karya musik dari senior-seniornya. Berikut adalah rangkuman Prambors dari berbagai sumber tentang penilaian penggemar K-Pop terhadap debut BABYMONSTER yang disebut kurang kreatif.

YG Entertainment Kurang Kreatif atau Suguhkan Konsistensi Konsep?

BABYMONSTER sudah mengumpulkan banyak perhatian dari para penggemar jauh sebelum debut. Di masa trainee, YG sudah mempublikasi ketujuh member dengan masing-masing bakat mereka yang sangat memukau. 

Mereka pun mendapat banyak apresiasi, namun bersamaan dengan apresiasi tersebut, banyak fans yang juga menyuarakan kekecewaannya terhadap YG Entertainment karena suara dan video musik BABYMONSTER terkesan terlalu familiar. Para penggemar menunjukkan bahwa vibes dari video musiknya sangat mirip dengan BLACKPINK dan 2NE1.

Banyak yang mengkritik YG Entertainment karena tidak menghadirkan sesuatu yang baru dan hanya menggunakan formula yang sama seperti girl group pendahulunya. 

Di sisi lain, beberapa pihak juga membela konsep yang dibawakan BABYMONSTER menunjukkan bahwa ‘resep’ konsistensi dari YG Entertainment telah terbukti berhasil di masa lalu dan diproyeksi akan sukses juga pada debut girl group kali ini.

Perbandingan Debut 2NE1 - BLACKPINK - BABYMONSTER

Dengan banyaknya kritik terhadap agensi, BABYMONSTER mencetak sejarah dengan berada di ranking nomor 1 tangga lagu iTunes’ Top Songs di 21 negara termasuk Argentina, Kamboja, Chile, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan negara lainnya.

Sedangkan untuk music video “BATTER UP” sudah di-streaming lebih dari 1 juta kali dalam satu jam perilisannya di hari Senin (27/11/2023) waktu setempat.

BLACKPINK (INSTAGRAM/mtv)

Sedangkan pada debut BLACKPINK di tahun 2016, dalam laporan Billboard, melalui lagu “Boombayah” dan “Whistle”, BLACKPINK merajai tangga lagu dengan menjadi hit nomor 1 di World Digital Songs Billboard.

Dalam hal ini, BLACKPINK menjadi musisi K-Pop ketujuh yang masuk ke dalam daftar tersebut setelah PSY, BIGBANG, 2NE1, EXO, CL, BTS, G-Dragon x Taeyang. Padahal, karya yang masuk ke tangga lagu bergengsi tersebut adalah lagu perdana dalam debut, loh, Kawula Muda.

2NE1, girlgroup K-pop. (TWITTER)

Lalu, untuk debut 2NE1 di 2009, girl group ini mengeluarkan lagu debut “Fire” yang menjadi hit di semua tangga lagu Korea. Ini merupakan kesuksesan instan bagi girl group K-Pop pada masanya.

“Fire” sendiri mendapatkan respons yang positif dari kritikus musik karena kharisma dan style musik dari masing-masing member sangat menonjol bahkan dalam proyek debut mereka.

Setelah “Fire”, 2NE1 semakin melejit dengan single “I Don’t Care” yang dapat penghargaan MAMA 2009 dalam kategori Song of the Year, Best New Female Artist, dan Best Composition. 

YG Entertainment Tak Berikan BABYMONSTER Debut Showcase

Sudah debut kurang lebih satu minggu, BABYMONSTER tak terlihat ada di layar kaca sebuah acara atau melangsungkan press conference untuk merayakan kelahiran grup tersebut.

Dikutip dari KPop Chart, masih ada kemungkinan untuk melalukan revisi pada grup yang menimbulkan banyak risiko bagi YG yang kemudian memilih untuk tidak menggelar showcase.

Selain itu, menurut pihak agensi, anggota dari BABYMONSTER belum sepenuhnya bisa merespons media dengan baik dan akan lebih baik jika menampilkan sisi yang lebih sempurna untuk ditampilkan kepada publik.

Sebagai informasi, anggota BABYMONSTER sendiri memang masih terhitung belia dengan urutan usia termuda yakni Chiquita (14 tahun), Rora (15 tahun), Rami (16 tahun), Asa (17 tahun), Pharita (18 tahun) dan Ruka (21 tahun).

Absennya showcase dan press conference BABYMONSTER membuat penggemar khawatir grup idola mereka ‘tertimbun’ karena bentuk promosi yang minim.

Padahal, YG Entertainment sempat rajin membuatkan konten untuk mengenalkan para member BABYMONSTER di masa pre-debut mereka, termasuk dengan video masing-masing member di YouTube.

Berita Lainnya