Antisipasi Penyakit X, WHO Berharap Negara di Dunia Lakukan Perjanjian Pandemi

Apa lagi ini????

World Health Organization (WHO) (REUTERS)
Fri, 19 Jan 2024


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu, (17/1/2024) memperingatkan masyarakat dunia untuk bersiap menghadapi Penyakit X atau penyakit tak dikenal ini.

Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus menyoroti pentingnya bersiap menghadapi Penyakit X.

WHO sendiri memperkenalkan istilah Penyakit X pada 2018 lalu untuk menggambarkan penyakit yang tidak diketahui.

Lebih lanjut, mereka bahkan menyatakan harapan bahwa negara-negara untuk segera melakukan perjanjian pandemi pada bulan Mei 2024 untuk mengatasi "musuh bersama" ini.

"Perjanjian pandemi dapat menyatukan seluruh pengalaman tantangan yang kita hadapi dan semua solusi menjadi satu," kata Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss dikutip dari BBC Indonesia.

Tedros juga mengatakan bahwa untuk menghadapi ancaman baru ini tidak boleh tanpa persiapan.

"Kita tidak boleh menghadapi hal-hal tanpa persiapan, kita juga bisa bersiap menghadapi beberapa hal yang tidak diketahui," kata Tedros.

Ilustrasi Penyakit X (ANTARA/HO-Sutterstock).

Penyakit X sendiri kini sudah muncul dan mewabah sehingga dibahas dalam pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia tahun 2024 di Davos, Swiss.

Tedros kembali menekankan pentingnya perjanjian pandemi dan menegaskan bahwa kesepakatan itu dapat membantu dunia mempersiapkan masa depan dengan lebih baik.

“Karena ini adalah musuh bersama, dan tanpa respons bersama, yang dimulai dari kesiapsiagaan … kita akan menghadapi masalah yang sama seperti COVID-19,” ujarnya, menambahkan.

Lebih lanjut, Tedros juga menyebutkan jika kesepakatan pandemi harus terjadi, untuk menjamin masa depan generasi selanjutnya.

“Demi anak cucu kita, … kita harus mempersiapkan dunia untuk masa depan,” kata Tedros.


Stay safe, Kawula Muda!

Berita Lainnya