Bahan Baku Indomie, Indonesia Impor Gandum Rp12 Triliun dari Australia

Apa varian Indomie favorit lo, Kawula Muda?

Ilustrasi gandum (UNSPLASH/THOMASZ FILLIPEK)
Mon, 31 Jan 2022

Indonesia memang menjadi salah satu pasar ekspor gandum terbesar bagi Australia. Di 2020-2021, nilai ekspor gandum tersebut mencapai AU$1,2 miliar atau Rp12,2 triliun. 

Menteri Pertanian dan Menteri untuk Wilayah Utara Australia, David Littleproud, mengatakan gandum yang merupakan produk premium Australia tersebut merupakan bahan baku untuk produk populer Indonesia, Indomie.

Indomie merupakan salah satu produk Indonesia yang mengimpor gandum dari Australia (INSTAGRAM/INDOMIE)

 

“Produk premium kami diubah menjadi produk konsumen populer dalam permintaan global, seperti mie Indomie yang terkenal di dunia,” tutur David dalam keterangannya, Rabu (26/01/2022) dikutip dari Detik.com.

David turut mengatakan telah mengunjungi salah satu pabrik penggilingan tepung di Indonesia pada Rabu (26/01/2022). Kunjungan tersebut merupakan salah satu bagian dari pertemuan David dengan pelaku agribisnis dan pemerintah di Indonesia pada 25 hingga 28 Januari 2022. 

“Saya mengunjungi pabrik penggilingan tepung Bogasari, salah satu pelanggan tunggal terbesar Australia untuk produk gandum,” jelas David. 

Rencananya, satu hari setelah kunjungan tersebut, David akan menemui Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, untuk membahas kerja sama di bidang pertanian

Indonesia memang menjadi salah satu pasar ekspor pertanian, perikanan, dan kehutanan terbesar keempat bagi Australia. Jika ditotal, jumlah nilai ekspor Australia ke Indonesia tersebut sekitar AU$2,9 miliar atau Rp29,5 triliun pada 2020-2021. 


Berita Lainnya