Cuti Bersama Libur Lebaran Idul Fitri 2023 Maju, Terhitung Mulai 19 April

Kabar gembira, Kawula Muda!

Ilustrasi cuti bersama Lebaran yang ditambah dua hari (THINKSTOCK)
Fri, 24 Mar 2023

Pemerintah telah memutuskan bahwa cuti bersama libur lebaran Idul Fitri 1444 H dimajukan menjadi 19-25 April 2023, dari sebelumnya 21-26 April 2023.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurut Budi, hal tersebut juga sudah diputuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/03/2023), Kawula Muda.

“Tadi ada keputusan Bapak Presiden berkaitan dengan cuti bersama, kalau sekarang itu cutinya sesuai dengan SKB 3 menteri dari tanggal 21 sampai tanggal 26. Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari," ungkap Budi Karya melansir Detik.

Menteri Perhubungan saat menyampaikan berita terkait cuti bersama Idul Fitri atau Lebaran yang ditambah (SEKRETARIAT PRESIDEN)

"Kami bersama bapak Kapolri mengusulkan (cuti bersama) maju dua hari, 19 sudah libur. Jadi tanggal 20 masih libur masuk tetap tanggal 26.”

"Jadi tambah satu hari dan di depan maju dua hari, itu karena secara tradisional keinginan mudik ini tinggi, dengan volume yang banyak dan kalau itu tertuju tanggal 21, maka akan terjadi penumpukan luar biasa. Dengan dimajukan itu, pemudik bisa jalan tanggal 18 sore, tanggal 19, 20, 21 ada 4 hari mereka mudik," tambah Budi.

Menurut Budi, keputusan cuti bersama sendiri urusannya ada di 3 kementerian. Mulai dari Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Ketenagakerjaan. Namun, karena usulan ini sudah diterima oleh Presiden Jokowi, Presiden mengatakan keputusan memajukan cuti bersama sudah bersifat de facto.

Berita Lainnya