Debat Capres 2024: Cara Berantas Korupsi dari Pemiskinan hingga Masuk Nusakambangan

Debat jadi salah satu cara untuk pemilih muda menentukan pilihan di Pilpres 2024

Tangkapan Layar Debat Perdana Capres 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo (YouTube/KPU RI)
Tue, 12 Dec 2023

Debat perdana Calon Presiden (capres) 2024 telah terlaksana di pelataran kantor KPU, Jakarta pada Selasa (12/12/2023) yang disiarkan langsung di beberapa televisi nasional dan live streaming melalui akun YouTube resmi KPU. 

Debat pertama dari ketiga capres yakni Anies Baswedan nomor urut 1, Prabowo Subianto nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo nomor urut 3 mencakup tema tentang Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Dari tema yang menjadi dasar dari debat dalam enam segmen yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB tersebut, topik tentang pemberantasan korupsi jadi salah satu yang menjadi sorotan oleh publik, Kawula Muda.

Terlebih kasus tindak pidana korupsi di Indonesia masih belum bisa dikatakan telah ditangani dengan baik, dengan kasus banyaknya pejabat publik pemerintahan yang melakukan korupsi. 

Dalam sesi tema pemberantasan korupsi, pertanyaan panelis yang keluar kala itu adalah, apa terobosan yang akan dilakukan para capres untuk menimbulkan efek jera bagi koruptor dan menyelamatkan aset yang dikorupsi?

Dimulai dari capres nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan ada empat hal yang harus dilakukan dalam memberantas korupsi, di antaranya adalah koruptor harus dijerakan dengan Rancangan Undang-Undang Perampasan Aset dan pemiskinan, UU KPK harus direvisi agar menjadi kuat kembali, memberikan imbalan kepada orang-orang yang membantu melaporkan kasus korupsi, dan meninggikan standar etik pemimpin KPK. 

Kemudian, Prabowo Subianto mengatakan koruptor adalah penghianat bangsa. Untuk memberantas korupsi hingga ke akarnya, ia akan memperkuat KPK begitu juga jajaran lainnya yang bisa membantu untuk memberantas korupsi. 

“Kita harus perkuat KPK. Kita harus perkuat juga kepolisian, kejaksaan, dan ombudsman,” ujarnya.

“Semua badan yang bisa membantu mitigasi korupsi harus kita perkuat. BPK, BPKP, inspektorat di tiap kementerian harus diperkuat. Saya sependapat korupsi harus diberantas sampai ke akarnya,” lanjut Prabowo.

Sementara itu Ganjar Pranowo memiliki gagasan yang cukup keras untuk menindak kasus pidana korupsi dengan membuat miskin koruptor.

Cara membuat koruptor miskin dinilai sebagai efek jera bagi pelaku korupsi, selain pemiskinan juga harus ditegakkan perampasan aset dengan menyelesaikan Undang-undang Perampasan Aset serta menyeret koruptor dengan menyelesaikan hukumannya di penjara, Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan.

Ia pun mengingatkan bagi pemimpin untuk mencontohkan gaya hidup sederhana, “yang perlu diberikan adalah contoh dari seorang pemimpin, dia tidak bermewah-mewah, dia mengajarkan bagaimana integritas itu dibangun,” pungkas Ganjar.


Jadwal Debat Capres-Cawapres 2024

Kawula Muda, debat capres-cawapres pemilu 2024 belum berakhir di hari ini, masih ada empat putaran debat lagi yang akan dilaksanakan dalam jadwal berikut:

Debat Kedua, Jumat, 22 Desember 2023 untuk Cawapres dengan tema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Debat Ketiga, Minggu, 7 Januari 2024 untuk capres dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Debat Keempat, Minggu, 14 Januari 2024 untuk Cawapres dengan tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat Kelima, Minggu, 4 Februari 2024 untuk Capres: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Berita Lainnya