Dimensi Rasa: Event Adaptasi dari "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck"

Dimensi Rasa merupakan project rintisan mahasiswa jurusan S1 Event Prasetiya Mulya

Dimensi Rasa: Event Adaptasi dari "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" Universitas Prasetiya Mulya
Fri, 30 Jun 2023

Dimensi Rasa (Di.Rasa) merupakan sebuah special event yang terinspirasi Nilai Persatuan dari karya sastra karangan Buya Hamka, dengan judul “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” yang telah dilaksanakan pada 3 Juni 2023 di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan dan mengangkat tema PERSATUAN.

Dengan mengangkat isu Persatuan Multikultural sebagai fokus utama, Dimensi Rasa yang merupakan project rintisan mahasiswa jurusan S1 Event Prasetiya Mulya yang menjadi medium bagi setiap orang yang berbeda latar belakang, suku dan agama untuk bertemu dan bermain bersama dalam narasi “Beda Tapi Satu”.

Dimensi Rasa mempunyai rangkaian kegiatan yaitu pre event yang dijalankan pada bulan Januari sampai Mei 2023 lalu dengan tema acara yaitu Djadoel Tour, Dari Untuk Pesan, Dirasa Nelpon, dan Dirasa Ngobrol. Seluruh rangkaian pre event ini dilakukan secara online.

Lalu, acara utama yang diberi nama Mission Hunt dengan tema utama “Beda tapi Satu” terlaksana. Acara utama ini berpegang kepada naskah wasiat yang ditulis oleh Zainuddin, sang tokoh utama dalam novel “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” yaitu sebagai berikut,

"....... dan akan tercapai juga kemuliaan bangsaku, persatuan tanah airku. Hilang perasaan perbedaan dan kebencian dan tercapai keadilan dan bahagia."

Wasiat tersebut diaktivasi ke dalam bentuk Mission Hunt. Peserta yang tidak saling mengenal sebelumnya diajak untuk berkompetisi antar kelompok. Untuk menumbuhkan rasa kepemilikan antar kelompoknya dan rasa kompetitif dengan kelompok lain, setiap games dirancang menggunakan konsep menang-kalah tanpa seri dengan pemenang di setiap games-nya mendapatkan sebuah stiker karakter yang akan ditukar menjadi kepingan kapal.

Setelah mendapatkan masing-masing kepingan kapal, setiap kelompok diarahkan untuk menyusun kapal sesuai jumlah kepingan yang didapatkan. Setelah disadari, kepingan kapal tersebut ternyata saling melengkapi.

Inilah titik balik dari perjalanan peserta yang sebelumnya tidak saling mengenal, berkompetisi dengan sengit sampai dengan saling melengkapi satu sama lain di akhir acara.

Dari konsep persatuan untuk membuat dampak berkelanjutan adapun sponsor yang memiliki peranan penting terhadap terselenggaranya event sustainable kami yaitu Kiaria Kreasi Kemasan. Bersamaan dengan produk ramah lingkungannya, Kiaria Kreasi memberikan support untuk seluruh properti untuk production main event Dimensi Rasa seperti backdrop, properti kapal, dan gapura buatan.

Kemudian, untuk mengangkat issue persatuan yang berbekal dari kasus yang ada di Indonesia, Dimensi rasa berkolaborasi dengan SETARA Institute yang merupakan komunitas peduli sosial. Dalam proses ini SETARA mendukung penuh terkait keberadaan tema, serta telah memberikan edukasi mengenai issue toleransi di Indonesia yang berkaitan erat dengan topik persatuan yang sedang kami kampanyekan.

Atas kesuksesan acara ini, tim Dimensi Rasa mengucapkan terima kasih untuk Prambors sebagai official radio partner. Kemudian The Nusantara Bulletin, Collectre Media, Mahacarya, Komunitas Narasi, serta dukungan dan perhatian dari para pembimbing, sponsor partner, community partner, media partner, serta teman-teman yang mendukung selama kegiatan ini berlangsung.

Berita Lainnya