Elon Musk Dapat Banyak Protes karena Ganti Twitter jadi X

Menurut kalian gimana nih Kawula Muda? Setuju atau Tidak ?

Ilustrasi media sosial Twitter (UNSPLASH/SOUVIK BANERJEE)
Tue, 01 Aug 2023

Elon Musk mengganti identitas, nama sampai logo Twitter menjadi 'X'. Pergantian identitas ini menuai banyak pro dan kontra. Elon Musk yang penuh kontroversi sebelumnya juga tak lepas dari protes dari pengguna usai pergantian Twitter ke X ini.

Bahkan, Logo X raksasa di atas gedung yang sebelumnya adalah kantor pusat Twitter di San Francisco, Amerika Serikat telah dibongkar. Padahal logo X tersebut belum lama dipasang.

Pembongkaran ini terjadi karena banyak laporan ke pihak berwajib terkait logo yang mengganggu penglihatan warga.

X logo (TWITTER/ajtourville)

 

Logo dari perusahaan Elon Musk ini mendapatkan protes dari warga sekitar dikarenakan cahaya yang dipancarkan terlalu terang dan mengganggu masyarakat. 

Logo yang dipasang pada Jumat lalu, kini sudah dibongkar pada Senin pagi (31/07/2023) waktu setempat. Pengacara George Wolf menyebut warganya berhak untuk memberikan penolakan logo bercahaya tersebut. 

Ia juga mengatakan yang telah dilakukan Elon Musk terlalu asal-asalan.

Perusahaan milik Elon Musk melakukan pelanggaran pada hari Jumat (28/07/2023) karena diduga memasang logo baru tanpa izin. 


Tindakan Elon Musk ini membuat banyak kontroversi, sebagian besar orang juga banyak yang menganggap ini adalah ‘misi bunuh diri’ yang di lakukan oleh Elon Musk.

Di samping itu, CEO Twitter sekaligus pemilik Tesla ini memiliki alasan dan tujuan tersendiri mengapa mengambil langkah untuk mengubah identitas Twitter.  

Dalam tweet-nya, Elon Musk mengatakan rebranding X bertujplatformubah platform Twitter agar tak hanya sekadar jadi platform berbagi teks alias microblog.

Musk menegaskan bahwa X tidak hanya sekadar logo dan nama, tetapi akan menjadi transformasi besar-besaran dari platform sosial media satu ini. Diketahui Elon Musk membutuhkan waktu hanya dalam beberapa bulan terakhir, untuk menyulap Twitter menjadi Super Apps. 

Dalam platform baru tersebut tentunya memiliki beberapa perbedaan dengan Twitter yang lama. Salah satunya adalah dapat mengetik dan membagikan teks dalam jumlah lebih banyak dari sebelumnya dan dapat juga menunggah video dengan durasi panjang hingga berjam-jam. 

"Nama Twitter masuk akal ketika kemampuannya hanya sebatas berbagi teks hingga 140 karakter. Namun, kini pengguna bisa mem-posting hampir semuanya, termasuk video berjam-jam," kata Elon Musk, dikutip dari akun X personalnya @elonmusk.

Musk pun mengatakan dalam beberapa bulan ke depan, X akan menyediakan komunikasi yang komprehensif. Dan salah satunya adalah X dapat menjadi platform untuk memantau kinerja keuangan di dunia.

"Menggunakan identitas Twitter tak lagi relevan dengan tujuan perusahaan. Karena itu, kami harus mengucapkan selamat tinggal untuk identitas burung," Kata Elon Musk dalam unggahannya.

Tetapi warganet tidak puas dengan penjelasan tersebut karna masyarakat menganggap penjelasan Elon Musk tersebut merupakan upaya untuk menyenangi dirinya sendiri dan kurang ramah dengan keinginan penggunanya. 

Meski begitu, di sisi lain masih banyak juga masyarakat yang beranggapan atas perubahan ini. Seperti yang mendukung X jadi Platform jual beli seperti TikTok untuk ladang usaha warganet.

Gimana menurut lo, Kawula Muda?

Berita Lainnya