Elon Musk vs CEO Wikipedia, Mau Bayar Rp 16 Triliun untuk Ubah Nama ke Dickipedia

Sultan banget semua dibayarin

Elon Musk batasi pengguna membaca Tweet harian di Twitter (SFGATE)
Tue, 24 Oct 2023


Elon Musk akan memberikan 1 miliar Dolar AS atau setara kurang lebih Rp 16 triliun ke Wikipedia jika situs tersebut mengganti namanya menjadi Dickipedia.

Penawaran angka fantastis ini dimulai dari perseteruan yang terjadi antara Elon Musk dan pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, yang sudah berlangsung sejak 17 Oktober lalu melalui platform sosial media X milik Musk.

Awalnya bermula dari Jimmy Wales yang mengeluh kesulitan mencari verifikasi atas kebenaran jurnalis yang palsu dan yang asli atas berita di tengah konflik Israel dan Palestina.



Hal tersebut dikarenakan pergantian fitur centang biru verifikasi Twitter yang sekarang menjadi X dan dikelola oleh Elon Musk sangat berbeda. 

Di mana dulu Twitter memberikan centang biru kepada akun yang ter-verifikasi di bidangnya. Sedangkan kini X menawarkan opsi berlangganan centang biru untuk semua pengguna yang diklaim untuk menghindari bot.

“Banyak klaim yang bergerak cepat dan klaim-klaim balasan, dan @elonmusk telah meniadakan fitur yang bisa membedakan jurnalis asli dan jurnalis palsu,” tulis Wales dalam X.

Seolah tak terima, Elon Musk membalas dengan, “Tolong perbaiki Wokipedia.”



Tak sampai di sana, Elon terus bergunjing dan mengkritik platform ensiklopedia online tersebut dalam sejumlah rentetan tweet di Twitter X.

Pendiri Space X ini pun menuliskan kritik untuk Wikimedia Foundation dan mempertanyakan uang yang masuk ke lembaga amal tersebut digunakan untuk apa.

Ia pun menyatakan akan menyumbangkan 1 miliar Dolar AS jika Wikipedia berganti nama menjadi Dickipedia.


Elon Musk akan berikan Wikipedia 1 miliar Dolar AS jika berganti nama jadi Dickipedia (Twitter X/elonmusk)

 

Lalu, pada Senin (23/10/2023), Wikipedia melalui akun resminya merespons kicauan Elon Musk dengan sebuah pertanyaan dalam tweet di Twitter X.

“Wikipedia adalah satu-satunya situs web dalam sepuluh situs web global yang paling banyak dikunjungi yang dijalankan oleh organisasi nirlaba – dan dengan anggaran dan staf yang lebih sedikit,” terang Wikipedia.

“Kami tidak didanai oleh iklan, kami tidak mengenakan biaya berlangganan, dan kami tidak menjual data Anda,” lanjut keterangan tersebut.

Meski begitu, Elon Musk tetap menyatakan bahwa perusahaannya (X) telah mendorong lebih banyak ruang untuk kebebasan berpendapat dibandingkan dengan perusahaan internet lainnya, termasuk Wikipedia yang ia tulis dengan sebutan Wokipedia.

Berita Lainnya