Fakta Giorgio Ramadhan, Sopir Fortuner Perusak Mobil Brio yang Masuk Daftar Hitam Ukraina

Sebelumnya juga udah jadi kriminal?

Giorgio Ramadhan, sopir mobil Fortuner yang masuk daftar blacklist di Ukraina (LIPUTAN6.COM)
Thu, 16 Feb 2023


Nama Giorgio Ramadhan, sopir mobil Fortuner sekaligus tersangka pemukul mobil Brio milik seorang driver taksi online ternyata diketahui masuk dalam blacklist di Ukraina.

Isu tersebut mulanya didapati dari foto yang dirinya yang menajdi daftar buron Ukraina di sebuah situs yang berbasis di Kyiv, Ukraina yakni Myrotvrets.

"Berdasarkan peraturan Ukraina, adalah hal ilegal untuk mengunjungi teritori Ukraina yang diduduki. Dia pernah pergi ke sana," kata Dubes Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin, melansir laman Detik, Kamis (16/02/2023).

Giorgio Ramadhan, sopir mobil Fortuner yang masuk daftar blacklist di Ukraina (TRIBUN JAKARTA)

Menurut catatan pemberitaan yang dikumpulkan Vasyl Hamianin, Giorgio mendukung pendudukan Rusia atas wilayah Ukraina, dan turut mendukung kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk.

Pada situs Myrovorets, nama Giorgio Ramadhan masuk dalam blacklist. Di situs Myrovorets, Giorgio disebut secara sengaja melanggar perbatasan negara Ukraina dengan tujuan menembus wilayah Ukraina yang diduduki oleh formasi geng teroris Rusia di Donbass.

Foto Giorgio Ramadhan yang beredar di media sosial sedang melaksanakan seremonial militer peletakan karangan bunga untuk Rusia di Jakarta (TWIITER/@RBTHIndonesia)

 

Di wilayah Ukraina itu, ada dua negara separatis pro-Rusia, yakni DPR (Republik Rakyat Donetsk) dan LPR (Republik Rakyat Luhansk).

Apa Itu Situs Myrotvorets?

Dilansir dari Detik, Myrotvorets adalah situs lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang didirikan oleh politikus dan aktivis Ukraina, George Tuka.

Myrotvorets menganggap dirinya sebagai Pusat Penelitian Tanda-Tanda Kejahatan terhadap Keamanan Nasional Ukraina, Perdamaian, Kemanusiaan, dan Hukum Internasional.

Situs ini juga mengklaim dirinya memuat informasi untuk otoritas penegak hukum dan layanan khusus tentang teroris pro-Rusia, separatis, tentara bayaran, penjahat perang, dan pembunuh.

Dalam laman Suara, pada 2016 lalu, ada 4.500 data pribadi jurnalis yang dipublikasikan sebagai musuh Ukraina. Bukan hanya jurnalis saja, beberapa orang penting lainnya seperti Elon Musk juga pernah masuk daftar musuh Ukraina.

Terkait Giorgio Ramadhan, lelaki tersebut kini sudah menjadi tersangka, atas kasus mengamuk di Jl. Senopati, Jakarta Selatan, Minggu, 12 Februari 2023. 

Polisi juga masih melakukan penyelidikan atas tuduhan nama Giorgio yang diisukan menjadi musuh Ukraina.

Berita Lainnya