Guru Tari Korea Utara Ditangkap setelah Ajarkan Murid Tarian Disko

Dilarang goyang :(

Bendera Korea Utara (UNPLASH)
Tue, 08 Feb 2022

Aparat berwenang Korea Utara menangkap seorang guru tari dan murid-muridnya setelah mengajari mereka gerakan tarian ala Barat kepada remaja.

Salah satu guru sekolah di Pyongsong itu menggunakan video yang disimpan di flash disk berisi tayangan tari disko. Guru tersebut pun mengajarkannya kepada para siswa. 


Anak-anak tengah berkumpul di depan tembok mural di Pyongyang, Korea Utara. (UNSPLASH)

 

Seorang sumber penduduk Korea Utara mengatakan kepada radio RFA, bahwa guru tersebut mengajarkan tarian disko kepada remaja di Yangji Dong, Pyongsong.

"Grup Inspeksi Anti-Sosialisme, sebuah operasi gabungan dari Departemen Keamanan Negara dan polisi secara intensif menindak orang-orang yang menonton film Korea Selatan," kata sumber tersebut.

Diketahui pula, guru yang mengajarkan tarian menggunakan studio tari swasta untuk menambah pemasukannya. Ia mengenakan biaya sekitar 10 dolar AS untuk sekolah per jam serta mendapat tambahan gaji sekitar 3.000 won.

Polisi pun berhasil menangkap flash disk miliki sang guru untuk menjadi barang bukti.

Seperti yang diketahui, Korea Utara merupakan negara Asia yang tertutup. Mereka juga membuat Undang-Undang Penghapusan Pemikiran dan Budaya Reaksioner pada akhir 2020.

Undang-Undang tersebut berisi larangan untuk menonton media asing, terutama negara-negara seperti AS dan Korea Selatan.


Berita Lainnya