Indonesia Bangkit, Ini Makna Logo Peringatan HUT Ke-77 RI!

Semoga semua harapannya terwujud ya, Kawula Muda!

Logo HUT ke-77 Republik Indonesia (Kemensetneg)
Tue, 16 Aug 2022


Tahun ini, peringatan ulang tahun kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia mengambil tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema tersebut pun turut tertuang dalam bentuk logo peringatan HUT Indonesia tahun ini.

Mengutip situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), disebutkan bahwa tema tersebut mendeskripsikan kondisi Indonesia saat ini. Indonesia memang tengah menghadapi berbagai tantangan pada tahun ini. Sebut saja pandemi hingga resesi ekonomi. 



Karena itu, diharapkan seluruh elemen bangsa dapat bersama-sama pulih. Dengan begitu, masyarakat Indonesia dapat bangkit dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. 

Logo yang dibuat oleh Studio Desain Studiowoork ini pun memiliki beberapa filosofi logo HUT ke-77 RI yang disampaikan melalui visual gambar hasil kolaborasi dengan Kemensetneg dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Simak di bawah ini yuk penjelasannya!

1. Angka 77

Bentuk 77 yang menyerupai arah panah ke atas melambangkan gerak cepat untuk memperbaiki kondisi Indonesia agar pulih dengan cepat.

2. Dua Garis Mendatar

Bentuk garis yang membentuk tangga meraih ke atas melambangkan progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian Atas Terpotong

Bagian ini melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global agar bergerak secara bebas aktif. Hal itu bersama dengan pemulihan kondisi dunia.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing

Bentuk yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila tersebut melambangkan semangat pejuang untuk bangkit dengan kuat dan tangguh.

5. Dua Garis Lengkung

Bentuk garis ini melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat untuk bergotong royong. Selain itu, diharapkan seluruh pihak dapat bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, yakni Indonesia Maju.

6. Sudut Penghubung

Sudut ini seolah melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju. Diharapkan, Indonesia dapat berkontribusi sebagai penghubung antar bangsa untuk menyelesaikan berbagai isu maupun tantangan yang tengah dihadapi dunia.

7. Siluet Angka Satu

Filosofi dari siluet ini adalah semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia. Adapun semboyan tersebut melambangkan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu. 

Berita Lainnya