Jokowi Minta Alumni LPDP Pulang ke Indonesia Meski Gaji Kecil

Kawula Muda setuju kan dengan statement ini?

Foto Bapak Presiden Jokowi (SEKRETARIAT PRESIDEN)
Fri, 04 Aug 2023

Joko Widodo (Jokowi) selaku Presiden Republik Indonesia, telah mengingatkan kepada para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di luar negeri untuk kembali pulang setelah lulus lalu berkarya dan mengimplementasikan ilmunya di Indonesia. 

Pesan ini disampaikannya saat menghadiri puncak acara LPDP Festival 2023 yang diselenggarakan Kementerian Keuangan RI. 

"Pulang, setelah selesai studi berkaryalah. Ilmunya jangan diendapkan untuk diri sendiri dan yang paling penting saya titip, pulang, pulang, pulang," Ungkapan Jokowi dalam acara Puncak Acara LPDP Festival Tahun 2023, mengutip dari Detik News, Jumat (4/8/2023).

"Meskipun gaji di sini mungkin lebih rendah sedikit, tetap pulang. Meskipun fasilitas enak di negara lain, tetap pulang," Lanjut Jokowi. 

Presiden Jokowi menyebut bahwa Indonesia sangat membutuhkan anak-anak muda yang mempunyai visi ke depannya. Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang bisa membangun negeri ini lebih baik lagi. Kata pulang yang diungkapkan berkali-kali oleh bapak Jokowi sebagai permintaan yang harus ditanggapi serius oleh alumni LPDP.

"Karena negara kita saat ini sangat membutuhkan anak-anak muda yang memiliki pemikiran yang memiliki visi ke depan yang lebih baik dan kita memang kurang SDM yang seperti itu," ujarnya.

Menkeu Sri Mulyani perintahkan pembubaran klub motor gede para pegawai pajak (INSTAGRAM/SMINDRAWATI)

 

Ibu Sri Mulyani ikut andil memberikan pernyataan mengenai hal ini. "Kalian semuanya berbahagia selama dipimpin pak Jokowi, jadi berterimakasihlah atas kebahagiaan itu," Tutur Sri saat membuka acara LPDP Festival 2023, dikutip dari detikfinance, Jumat (4/8/2023).

Ia juga menjelaskan angka penerima beasiswa bergengsi LPDP saat ini yang sudah lebih dari 40 ribu pelajar yang tercatat sebagai penerima beasiswa murni dari LPDP Kementerian Keuangan.

"Sampai dengan hari ini LPDP sudah menyekolahkan dan memberikan beasiswa ke 40.174 putra putri terbaik, ini angkanya adalah beasiswa murni LPDP. Kalau dengan Mendikbud dan BRIN ada 159.752 penerima. Lalu, Kemenag pemain baru dan agresif sudah ada 20.089 penerima," Lanjut Sri Mulyani.

LPDP sendiri adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Gunakan privilege beasiswa dengan baik dan benar ya, Kawula Muda.

Berita Lainnya