Kenakan Gaun Tipis, Perempuan Ini Dinilai Lakukan Kejahatan Serius hingga Terancam Dipenjara!

Kawula Muda, perempuan berusia 24 tahun asal Rwanda ditangkap setelah kenakan gaun tipis di konser musik!

Ilustrasi. (FREEPIK)
Mon, 22 Aug 2022


Cuma gara-gara mengenakan gaun tipis, seorang perempuan di Rwanda dianggap telah melakukan kejahatan serius bahkan terancam dipenjara.

Melansir dari kompas.tv, seorang perempuan bernama Liliane Mugabekazi dituding telah melakukan tindakan tak senonoh.

Perempuan berusia 24 tahun itu didakwa dan terancam dipenjara hanya gara-gara mengenakan gaun tipis berwarna hitam saat menghadiri konser musik artis Prancis, Tayc, di Kigali, Rwanda.

“Ia mendatangii konser setelah mengenakan pakaian yang memperlihatkan bagian tubuh pribadinya. Pakaian yang kami sebut memalukan,” ujar pernyataan jaksa.

Jaksa tersebut juga mengatakan bahwa Liliane telah melakukan kejahatan serius sehingga ia meminta pengadilan untuk menahan perempuan tersebut selama 30 hari.

Liliane sendiri telah ditahan oleh pihak kepolisian sejak 7 Agustus 2022. Liliane didakwa oleh pengadilan pada Kamis (18/08/2022).

Namun, Liliane dibebaskan berkat jaminan setelah sempat ditahan selama 12 hari. Pembebasan ini juga tindak lanjut dari aksi keras sejumlah warga Rwanda dan komunitas internasional yang memprotes penahanan Liliane.

Kabar penangkapan Liliane telah memicu kemarahan di antara sejumlah warga Rwanda. Bahkan berujung dibuatnya petisi secara online.

Petisi online tersebut kabarnya telah mendapatkan 8.500 poundstering atau sekitar Rp 149 miliar yang akan digunakan sebagai pembiayaan legalnya.

Walaupun begitu, pihak Duta Besar Rwanda untuk Inggris, Busingye Johnston menyatakan dukungannya untuk penangkapan Liliane.

Dia menilai bahwa salah satu masalah anak muda saat ini adalah minum minuman keras, penggunaan obat-obatan terlarang, serta tampil di depan umum dengan tidak pantas, seperti telanjang.

Hal senada juga disampaikan oleh Juru Bicara Kepolisian, John Bosco Kabera yang mengatakan bahwa insiden tersebut adalah sebuah amoralitas dan ketidaksenonohan.

“Masalah ini meningkat.. Anda menemukan seorang individu hanya mengenakan kemeja saja.. tanpa celana atau celana pendek. Orang-orang ini kemudian pergi ke tempat-tempat umum berpakaian seperti itu, dengan pakaian yang terlihat seperti jaring,” katanya.

Nah, kalau menurut kalian bagaimana nih, Kawula Muda? 

Berita Lainnya