Kritik Lampung Tak Kunjung Maju, Remaja Ini Dilaporkan ke Polisi

Apa pendapat lo soal kritik yang diutarakan Bima, Kawula Muda?

TikTok @awbimaxreborn dilaporkan ke Polisi usai kritik Lampung tidak maju-maju (TIKTOK, IDN)
Wed, 12 Apr 2023


Viral di media sosial TikTok, seorang remaja Indonesia yang menempuh studi di Australia dilaporkan ke polisi karena mengemukakan pendapatnya mengenai ‘Alasan Lampung Tak Maju-Maju’ melalui akun TikTok @awbimaxreborn.

Remaja pemilik nama lengkap Bima Yudho Saputro tersebut mengunggah video kritik soal Lampung yang ia anggap tidak maju-maju pada Sabtu (08/04/2023).

@awbimaxreborn

Presentasi kali ini tentang alasan kenapa Lampung tidak maju-maju dan malah banyak warganya yg bekerja di luar daerah atau bahkan ke luar negeri. Apakah di daerah kalian sama?

♬ Toxic - BoyWithUke

"Presentasi kali ini tentang alasan kenapa Lampung tidak maju-maju dan malah banyak warganya yg bekerja di luar daerah atau bahkan ke luar negeri," ujar Bima melalui videonya.

"Ini di Lampung banyak sekali proyek yang mangkrak. Contohnya Kota Baru dari jaman gue SD sampai sekarang, tidak pernah ada dengar kabar lagi," lanjutnya.

"Itu aliran dana dari pemerintah pusat ratusan miliar, dan gue enggak tahu tuh sekarang udah jadi tempat jin buang anak kali.”

Tidak hanya itu, Bima juga turut menyoroti infrastruktur di Lampung yang masih belum bagus, tata kelola yang lemah, ketergantungan Lampung pada sektor pertanian, dan sistem pendidikan yang masih lemah. 

Video yang hingga kini sudah ditonton hampir 4 juta kali tersebut menjadi viral. Bima kemudian dilaporkan ke polisi oleh seorang advokat dan penasihat hukum, Ghinda Ansori Wayka-Thamaroni Usman ke Polda Lampung atas dugaan penyebaran konten hoaks pada Senin, (10/04/2023).

Ansori mengatakan, sebagai putra Lampung, ia sangat keberatan atas video berdurasi 3.32 menit tersebut, Kawula Muda. Menurutnya, Bima telah menyebarluaskan konten dengan analisis konstruksi pemikiran tidak berdasar. Sebab, kritik yang diajukan Bima tidak sesuai fakta dan menyebar hoaks.

"Dalam video itu tepatnya di menit ke 00.12, yang bersangkutan ini menyebut kata 'Dajal' dan dia mengaku berasal dari Provinsi Lampung. Kami meminta Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika untuk menindak akun TikTok Awbimax Reborn," ujarnya, Rabu (12/04/2023) melansir IDN.

Lebih lanjut, Ansori mengatakan jika konten TikTok tersebut sudah membuat keonaran di tengah masyarakat Lampung sebab menyangkut satu provinsi.

Berita Lainnya