Kronologi Nadin Amizah Alami Pelecehan: Konsekuensi Publik Figur?

Stop Pelecehan Seksual!

Sederet permasalahan lagu Nadin Amizah "Rayuan Perempuan Gila" yang Viral (INSTAGRAM/cakecaine)
Tue, 26 Sep 2023

Nadin Amizah mengalami pelecehan di kawasan Cihampelas Walk (Ciwalk), Bandung akhir pekan lalu dan diceritakan ke dalam Instagram pribadinya, Minggu (24/09/2023).

Pelantun "Rayuan Perempuan Gila" tersebut mengunggah sebuah pesan ke dalam Instagram Story bahwa seseorang telah meraba bagian dadanya saat ia berada di Bandung.

"Menurut gue untuk siapapun yg tadi di Ciwalk sambil gue lewat ngerauk te** gue lu anj***," tulis Nadin Amizah.

Nadin Amizah marah lagu "Rayuan Perempuan Gila" di-remix speed up (INSTAGRAM/cakecaine)

 

Unggahannya yang kini telah dihapus, terlanjut tersebar ke penggemarnya yang khawatir dengan sang idola. Tak lama setelah itu, Nadin kembali bersuara dengan menjelaskan sedikit lebih rinci keadaan di Ciwalk pekan lalu. 

Menurut pandangan Nadin, saat itu kondisinya memang ramai sesak, Kawula Muda.

"Audience membludak itu kadang rejeki juga kadang malapetaka ya. naudzubillahimindzalik, naudzubillah mentok. Mungkin ya org tadi ga sengaja karna kondisinya se-chaos itu, tapi kalau emang udah serame itu mohon banget MOHON BANGET MOHON BANGET gausah rebutan untuk nyentuh badan aku??? Untuk apa??? Aku mausia juga???? It's so dehumanizing to be GROPED here and there just because what, i'm a singer???," ungkap Nadin.

Dilansir dari CNN Indonesia, penyanyi berusia 23 tahun ini mengalami pelecehan ketika penggemarnya berbondong mendatangi Nadin untuk meminta foto, bahkan tak sedikit yang memegang area tubuhnya sampai ke bagian sensitif. Hal tersebut membuat Nadin kewalahan dan panik.

"Pas kami sudah jalan ke arah parkiran, pas sudah di area yang lebih sepi, sebenarnya, enggak lebih parah dari bagian dalam, aku merasa kayak ada yang mungkin enggak sengaja, aku percaya itu enggak sengaja karena keadaannya se-chaos itu, enggak sengaja menyentuh bagian sensitif aku," ujar Nadin dikutip dari CNN Indonesia (26/09/2023).

"...akhirnya aku teriak, tapi aku lupa teriak apa pokoknya pada saat itu aku lagi panik aja dan aku merasa ingin setop. Sudah, selesai, akhirnya sudah deh, pulang," pungkasnya.

Dalam Instagram Story, Nadin kembali menjelaskan kepada penggemar dan masyarakat luas tentang apa itu consent atau persetujuan. Baginya, ia mungkin saja bukan korban dari pelecehan seksual, tetapi perlakuan yang tidak membuatnya nyaman yang datang dari orang lain sudah bisa dinilai sebagai tindakan pelecehan.

Menurut keterangan Nadin, oknum yang menyentuhnya adalah perempuan. Meski begitu, bukan berarti Nadin membolehkan orang lain menyentuh dirinya tanpa persetujuan dari Nadin sendiri. Bahkan, ia merasa tak nyaman walau hanya tersentuh bagian lengan.

Hal ini kerap kali terjadi tetapi Nadin mengaku selalu merasa tak nyaman hingga akhirnya ia blak-blakan tentang hal tersebut.

"Bahkan sesederhana kalian berusaha untuk menyentuh bagian sini (lengan kanan), bagian sini (lengan kiri) aku, itu bagian harassment juga, mungkin bukan sexual," ujarnya dalam video.

"Tapi aku tidak terima badanku disentuh bagian manapun tanpa persetujuanku."

Sudah menjadi korban dari pelecehan, Nadin Amizah sebagai salah satu penyanyi yang sedang naik daun di Tanah Air, tak luput dari kritikan warganet yang dirasa tak perlu dalam kondisi Nadin saat ini.

Tangkapan layar Instagram Story Nadin Amizah alami pelecehan di Bandung (INSTAGRAM/cakecaine)

 

"itu bagian dari konsekuensi public figure nadin." tulis seseorang melalui pesan ke akun pribadi Nadin Amizah. 

Untuk itu, Nadin kembali berpesan bahwa masih harus banyak adanya diskusi antara penggemar dan idola tentang batasan-batasan yang boleh terjadi. Sebab, kemungkinan besar bukan hanya Nadin yang pernah menjadi korban, melainkan masih banyak public figure lain yang juga mungkin pernah merasa demikian.

Kawula Muda, sebagai penggemar, kita saling respect kepada idola, yuk.

Berita Lainnya