Lato-Lato Boleh Dibawa Masuk Pesawat tapi Dilarang untuk Dimainkan!

Simak penjelasannya di bawah, Kawula Muda.

Ilustrasi anak-anak yang tengah bermain lato-lato (TWITTER/GULA JAWA)
Thu, 16 Feb 2023


Mainan lato-lato yang masih sangat digemari oleh anak-anak hingga dewasa hingga kini, ternyata diperbolehkan bawa masuk ke dalam pesawat.

Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan RI melalui laman Instagramnya yang menyebut jika lato-lato boleh dibawa ke dalam pesawat.

"Sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 211 Tahun 2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, kamu boleh membawa lato-lato," tulis keterangan tersebut, mengutip akun Instagram @djpu_151, Kamis (16/02/2023).

Namun, bukan berarti penumpang bisa memainkan lato-lato saat di pesawat, Kawula Muda. Direktur Jenderal Perhubungan mengingatkan untuk tidak memainkan lato-lato lantaran dikhawatirkan bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Ilustrasi permainan tradisional lato-lato (SHOPEE)

Begitu pula dengan salah satu maskapai penerbangan di Indonesia, Lion Air Group juga memastikan kepada penumpang untuk tidak bermain lato-lato saat penerbangan.

Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro memastikan bahwa mainan lato-lato tidak termasuk dalam barang-barang yang dilarang (prohibited items).

Danang menegaskan bahwa penumpang maskapai Lion Air Group dilarang memainkan lato-lato selama di penerbangan. "Perlu diperhatikan dan diingat, lato-lato tidak boleh dimainkan selama penerbangan," katanya, melansir dari laman Kompas (16/2/2023).

Hal tersebut karena memainkan lato-lato akan menimbulkan suara yang dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan penumpang lain.

Lebih lanjut, ia menyebut Lion Air Group mewajibkan setiap orang untuk mengikuti ketentuan yang berlaku dalam upaya secara bersama-sama terlibat mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Jadi, boleh dibawa tapi disimpan saja ya Kawula Muda. Main lato-latonya nanti saja kalau sudah turun dari pesawat.

Berita Lainnya