Sederet Hal Janggal di Pertandingan SEA Games 2023 Kamboja

Lagi-lagi masih ada beberapa kejanggalan nih, Kawula Muda.

Deretan 'keanehan' yang terjadi pada perhelatan SEA Games 2023 (KEMENPORA)
Wed, 17 May 2023


Perhelatan SEA Games 2023 Kamboja kini telah selesai per 17 Mei 2023, Kawula Muda. Dilihat dari situs Kemenpora Indonesia, Vietnam menorehkan total medali yang paling banyak yakni 355 medali, diikuti Thailand dengan 312 medali dan Indonesia di peringkat tiga dengan total 276 medali.

Di balik keseruan pertandingan ini, banyak kejadian yang 'aneh' yang terjadi selama SEA Games 2023. Bahkan, melibatkan kontingen Indonesia, loh!

Sederet kejadian yang menyita perhatian warganet mulai dari bendera Indonesia yang terbalik, sampai diduga ada pemain gelap yang masuk ke dalam pertandingan.

Deretan 'keanehan' yang terjadi pada perhelatan SEA Games 2023 (BOLA.NET)

Kawula Muda, Prambors sudah merangkum keanehan yang terjadi pada SEA Games 2023, melansir dari berbagai sumber, Rabu (17/05/2023).

1. Terbaliknya Bendera Indonesia

Salah satu kompilasi kejadian SEA Games Kamboja 2023, bendera Indonesia terbalik (DETIK)

Pertama adalah insiden terbaliknya bendera Indonesia di SEA Games Kamboja 2023. Melansir dari laman Antara, kejadian ini terjadi saat salah satu penyanyi lokal Kamboja tampil.

Penyanyi tersebut diiringi oleh penari yang membawa bendera 11 negara peserta SEA Games 2023 termasuk Indonesia. Sayangnya, mereka membawa bendera Indonesia dalam posisi terbalik menjadi putih-merah seperti bendera Polandia.

Kendati demikian, pihak Kamboja kini telah meminta maaf atas insiden terbaliknya bendera Indonesia. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara.

"Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony," kata Harry, dikutip dari Kompas.com.

Ternyata, kejadian ini bukanlah pertama kalinya, Kawula Muda. Kejadian ini pernah dilakukan pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Bedanya, insiden tersebut ada dalam buku panduan kegiatan yang dibagikan kepada tamu undangan.

Terdapat bendera negara-negara yang ikut dalam SEA Games, termasuk Indonesia. Warna bendera Indonesia malah terpasang terbalik, dan 10 bendera negara lainnya tercetak benar.

2. Pembatasan Partisipan Cabang Olahraga Bulu Tangkis

Tuan rumah perhelatan SEA Games 2023 membatasi keikutsertaan negara terkuat, termasuk Indonesia dalam nomor beregu campuran cabang olahraga bulu tangkis.

Negara seperti Kamboja, Laos, Brunei, Myanmar, dan Timor Leste yang dapat ikut. Aneh lainnya, pemain Kamboja Zhoung Meng diduga merupakan pemain 'cabutan' asal China.

3. Tak Ada Lampu, Podium Disinari Lampu Mobil

Salah satu kompilasi kejadian SEA Games Kamboja 2023, lampu podium mati digantikan lampu mobil (TIKTOK/)Abdurrr)

Selanjutnya ada kejadian di podium atlet pemenang nomor jalan cepat 20km gelap dan hanya diterangi lampu mobil saja.

Atlet dari Indonesia, Hendri Yap yang memenangkan cabang olahraga itu berhasil mendapatkan medali emas. Sayangnya, saat penyerahan medali emas di atas podium tampak gelap dan tidak ada lampu yang memadai di sana.

Adanya insiden tersebut membuat banyak warganet yang memberikan komentar lucu. Bahkan ada yang membandingkannya dengan kejadian di lomba 17 Agustus, loh Kawula Muda.

Hal tersebut tak hanya satu kali terjadi, pada podium cabang olahraga tenis nomor ganda campuran terjadi dalam gelap. Hal itu dikarenakan venue yang digunakan, Tennis Arena, Morodok Techo National Stadium, mengalami mati lampu.

4. Pesilat Kamboja Rebut Emas tanpa Bertanding

Selanjutnya adalah pesilat Kamboja bernama Non Sromoachkroham yang merebut medali emas cabang olahraga pencak silat tanpa bertanding, usai wakil Indonesia Bayu Lesmana walkover atau WO.

Melansir dari CNBC Indonesia, tim Indonesia menginformasi kalau itu merupakan kesepakatan bersama demi kelangsungan pencak silat tersebut.

5. Medali Emas untuk 2 Negara

Tim Valorant Indonesia putuskan walk out karena kecurangan tim Singapura di final Sea Games 2023 (KOLASE PRAMBORS)


Masih ada sangkut pautnya pada Timnas Indonesia yang menjadi keanehan di SEA Games 2023.

Mulanya, Indonesia mendapatkan medali perak di kategori Esport Putra game Valorant PC. Indonesia menyampaikan keberatan kepada panitia karena melihat lawan menggunakan bug abuse agar bisa memiliki jangkauan pandangan lebih luas di dalam permainan.

Akhirnya, Indonesia mendapatkan medali emas, bersama dengan Singapura setelah mengajukan proses.

6. Tampilkan Atlet Basket dari Amerika Serikat

Tuan rumah Kamboja kembali diduga melakukan pelanggaran tak biasa. Mereka disebut mengimpor atlet untuk cabang olahraga basket. Prasangka buruk para warganet terjadi lantaran ada 6 wajah pemain yang didominasi oleh Ras Kaukasia atau akrab dengan istilah bule Amerika Serikat.

Beberapa menduga bahwa atlet-atlet itu merupakan hasil naturalisasi. Namun, tidak sedikit pula yang berpikiran bahwa mereka hanya dipanggil untuk memenuhi target kemenangan bagi Kamboja di SEA Games 2023.

7. Kursi Ruang Ganti Timnas seperti Kursi "Kondangan"

Salah satu kompilasi kejadian SEA Games Kamboja 2023, kursi Timnas yang disebut seperti kursi "kondangan" (TWITTER/PSSI)

SEA Games Kamboja 2023 kali ini kondisi ruang ganti Timnas Indonesia U-22 ketika melawan di Timor Leste.

Lewat akun Twitter PSSI, mereka membagikan foto-foto kondisi ruangan Timnas Indonesia U-22 yang terdapat bangku plastik dan juga ada bangku kayu berbentuk panjang.

Pada bangku plastik itu juga terletak perlengkapan pertandingan mulai dari kaus kaki, baju dan celana, handuk, hingga air minum.

Di Indonesia sendiri, bangku plastik model seperti itu identik dengan hajatan atau yang lazim disebut kondangan.

Itu dia deretan kejanggalan yang dianggap aneh dan telah terjadi pada SEA Games 2023. Walau demikian, Timnas Indonesia sudah berhasil memberikan yang terbaik dengan sejumlah medali yang didapat ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya