Pemerintah China Buat Aturan Anak-anak Bermain Ponsel 2 Jam per Hari

Kali ini warganya banyak yang setuju!

Ponsel (PIXABAY/moritz320)
Fri, 04 Aug 2023

China berencana membuat aturan baru terkait penggunaan ponsel pada anak-anak yang dinilai adanya peningkatan kecanduan internet secara berlebihan.

Menurut Pemerintahan China, penggunaan ponsel pada anak-anak di negara tersebut dianggap sudah mengkhawatirkan dan berindikasi menimbulkan penurunan moralitas di kalangan pemuda.

Berdasarkan hal tersebut, Presiden Xi Jinping merencanakan pembatasan penggunaan ponsel pada anak-anak, dengan maksimal dua jam dalam sehari dan berdasarkan kategori usia.

Usulan tersebut dibuat oleh Badan Administrasi Siber China selaku regulator internet utama di negara tersebut. Aturan ini nantinya akan mewajibkan seluruh ponsel, aplikasi, dan toko aplikasi untuk memiliki fitur “mode anak-anak”. Seperti bisa membatasi screen time harian hingga dua jam maksimal.

Penggunaan mode anak-anak itu dimaksudkan agar anak-anak dan remaja hanya bisa menerima konten di media sosial yang berbatas usia.

China Buat Aturan Baru Pelarangan Anak-Anak Menggunakan Ponsel berlebihan (CNNINDONESIA))

 

Dilansir dari CNN Indonesia, Pemerintah China akan merencanakan penerapan “jam malam,” untuk penggunaan ponsel anak-anak dan remaja di China, untuk anak-anak dan remaja akan dimulai pukul 6 pagi hingga 10 malam, dengan ketentuan jam sebagai berikut.

1. Bagi anak-anak di bawah umur delapan tahun untuk bermain ponsel hanya, 40 menit per hari

2. Bagi anak-anak berusia antara 8-10 tahun untuk bermain ponsel, hanya satu jam per hari

3. Bagi remaja berusia 16-18 tahun, untuk bermain ponsel, hanya dua jam per hari

Ketiga kelompok itu nantinya akan menerima pengingat untuk beristirahat setelah menggunakan ponselnya selama lebih dari 30 menit.

Diketahui, tidak hanya berlaku untuk anak-anak, China memberikan target aturan tersebut juga untuk para perusahaan layanan internet dan content creator, agar turut aktif dalam pembuatan konten dengan penyebaran nilai-nilai inti sosialis dan mampu menjalin kebersamaan bangsa China.

Menurut pemerintah kota Beijing, pembatasan ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan anak muda terpapar informasi yang tidak diinginkan.

Walaupun aturan baru ini masih wacana dari pemerintahan Xi Jinping, ternyata warganya sudah banyak yang mendukung aturan tersebut.

Banyak warga China yang berpikir bahwa aturan tersebut sangat bagus, seperti orang tua lebih mudah melakukan pengontrolan waktu pengguna ponsel pada anaknya, konten-konten yang dihadirkan bisa lebih positif dan sehat, dan juga mampu melindungi penglihatan anak-anaknya.

Dilansir dari Frontiers, terdapat penelitian terkait Asosiasi antara kecanduan internet dan masalah psikologis di kalangan remaja, mengungkapkan Pusat Informasi Jaringan Internet China pada tahun 2021 menunjukkan jumlah pengguna internet di China sudah mencapai 989 juta, selain itu dilaporkan proporsi pengguna internet kalangan remaja sebesar 16,6 persen dan semakin terus meningkat secara signifikan.

Penggunaan ponsel yang jadi kecanduan ini menimbulkan masalah kesehatan terkait miopia (rabun jauh) pada anak muda di China. Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan hubungan rabun jauh di kalangan anak muda itu karena kurang mendapatkan paparan sinar matahari akibat menatap layar dengan waktu yang berlebihan.

Berita Lainnya