Pemerintah Kaji Kereta Gantung untuk Atasi Kemacetan Bogor

Berapa jam rekor lo stuck di Cianjur gara-gara macet, Kawula Muda?

Ilustrasi kemacetan menuju Cianjur dan Bogor yang didominasi kendaraan pribadi (ISTIMEWA)
Thu, 25 May 2023

Untuk atasi kemacetan di daerah Puncak Cianjur dan Bogor, pemerintah tengah mengkaji opsi transportasi kereta gantung. Hal ini disebut oleh Kepala Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan, Gunung Hutapea. 

“Kami berkoordinasi dengan kementerian lain termasuk Komisi V DPR untuk menyampaikan solusi kemacetan di jalur Puncak dan kereta gantung salah satu solusi yang sudah kami sampaikan dan mendapat respons cukup baik," kata dia, Rabu (24/05/2023) mengutip Tempo.

Ilustrasi kereta gantung (SHUTTERSTOCK)

 

Hal ini dikarenakan Cianjur merupakan salah satu pusat perekonomian di Jawa Barat. Banyak wisatawan terutama dari Jabodetabek yang mengunjungi daerah tersebut ketika libur tiba. 

“Karena banyaknya destinasi wisata yang terdapat di dalamnya, sehingga solusi macet di kawasan Cianjur harus segera diputuskan,” tambahnya. 

Lebih lanjut, Gunung menjelaskan kajian tersebut juga dilaksanakan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Keuangan. Hal ini untuk memastikan lokasi pembangunan hingga anggaran yang dibutuhkan untuk membangun kereta gantung di atas wilayah Bogor dan Cianjur. 

Diharapkan, alternatif tersebut dapat menjadi pilihan masyarakat sehingga mengurangi volume kendaraan pribadi menuju lokasi wisata di Cianjur dan Bogor. 

Selain kereta gantung, Gunung menyebut adanya opsi transportasi lain yang juga diajukan. Misalnya saja pelebaran jalan, penataan simpang, serta membangun jalan bebas hambatan (Tol Jagorawi-Caringin tembus Gunung Mas). 

“Setelah dikaji beberapa alternatif termasuk kereta gantung, nantinya tim Baketrans, PUPR, dan Komisi V DPR akan membahas lebih detail,” tutur Gunung. 

Sebagai informasi, Cianjur memang kerap mengalami kemacetan selama berjam-jam pada masa libur tiba. Misalnya saja saat Lebaran, libur natal dan tahun baru, hingga cuti bersama akhir pekan. 

Polres Cianjur juga kerap kali melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, termasuk mengaplikasikan sistem satu arah (one way) dan ganjil-genap. 

Berita Lainnya