Pemprov DKI Jakarta Diminta Batasi Sepeda Motor di Jalanan

Menurut data, sepeda motor di Jakarta semakin banyak, nih.

Pemprov DKI Jakarta diminta untuk mengurangi sepeda motor di jalanan Ibu Kota demi kurangi polusi (PIKIRAN RAKYAT)
Mon, 12 Jun 2023

DPRD meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membatasi jumlah sepeda motor di jalanan Ibu Kota. Pasalnya, hal tersebut berguna untuk mengurangi polusi di Jakarta.

"Salah satu kontributor utama atas buruknya kualitas di DKI Jakarta memang polusi akibat kendaraan bermotor," terang anggota Komisi D DPRD, Justin Adrian, dikutip dari laman Antara, Senin (12/06/2023).

Pemprov DKI Jakarta diminta untuk mengurangi sepeda motor di jalanan Ibu Kota demi kurangi polusi (BISNIS)

"Penduduk, populasi sekitar 11 juta jiwa, dengan kepadatan sekitar 16 ribu jiwa per kilometer. Dari densitas 11 juta tersebut, terdapat sekitar 26 juta kendaraan bermotor pada tahun lalu," kata Justin.

Itulah alasannya mengapa Justin menilai populasi udara di DKI Jakarta bisa semakin naik. Justin pun menilai bahwa Pemprov DKI Jakarta bisa membuat regulasi untuk menurunkan aktivitas kendaraan bermotor.

Beberapa hal menurut Justin yang bisa dilakukan pemerintah seperti, uji emisi yang ketat, kenaikan tarif parkir, sampai penindakan seluruh parkir liar.

Sebenarnya, udara yang bersih bisa didapatkan jika regulasi bisa berjalan dengan baik dan konsisten. Dengan begitu, polusi dari kendaraan motor atau mobil di Jakarta dapat berkurang.

Dilansir dari CNN Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat pada tahun 2022 terdapat 26.370.535 kendaraan bermotor yang berada di jalanan.

Sementara itu, jumlah kendaraan bermotor di Jakarta juga mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun 2018. Saat itu tercatat jumlah kendaraan bermotor di Jakarta sebanyak 22.498.322 unit.

Berita Lainnya