Pengumuman Buat Pesepeda, PT KAI Tutup Sementara Tempat Parkir Sepeda di Stasiun KRL

Kawula Muda, jadi enggak bisa titip sepeda di stasiun kereta, nih!

Ilustrasi bersepeda (iStock)
Fri, 16 Sep 2022


Buat para peseda yang sering membawa sepeda untuk bike to works menggunakan kereta rel listrik (KRL) sepertinya harus absen dulu. Pasalnya, tempat penitipan sepeda yang diperuntukkan bagi calon penumpang KRL telah ditutup untuk sementara waktu oleh PT KAI.

Melansir dari kompas.com, menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Charirunisa mengatakan bahwa tempat parkir sepeda ditutup sementara karena adanya perbaikan.

“Saat ini dilakukan penataan keseluruhan manajemen penitipan sepedanya, sedang dilakukan pengaturan ulang untuk kenyamanan bersama,” kata Eva, seperti yang dikutip dari kompas.com, Kamis (14/09/2022).

Perbaikan tempat penitipan sepeda bagi calon penumpang KRL ini dilakukan di seluruh stasiun di Jakarta.

Selama proses pengaturan ulang tempat penitipan sepeda ini, pihak PT KAI ,mengaku belum menyediakan alternatif lain bagi calon penumpang KRL untuk menitipkan sepedanya.

“Keseluruhan stasiun. Sementara belum ada pengalihan,” kata Eva.

Sementara itu, mengutip dari tempo.co, komunitas sepeda Bike To Work (B2W) sempat memberikan kritikan karena banyaknya sepeda yang hilang di parkiran stasiun KRL Jabodetabek.

“Kejadian hilangnya sepeda di tempat parker di stasiun commuter line terus terjadi, dan trennya semakin meningkat,” kata pihak B2W dalam unggahan di Instagram.

Pihak B2W kemudian ingin melakukan audit fasilitas parkir sepeda di seluruh stasiun kereta Jabodetabek pada 14-24 September 2022. Namun, kritikan B2W ini kemudian justru dijawab PT KAI dengan menghilangkan fasilitas parkir sepeda di stasiun KRL.

“Kami mau melakukan audit fasilitas di stasiun-stasiun commuter line. Ini malah dijawab dengan solusi penghilangan tempat parker. Sungguh tidak masuk di akal,” ujar Ketua Umum B2W Indonesia Fahmi Saimima dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 15 September 2022.

Menurut pihak B2W penutupan fasilitas parkir sepeda di stasiun adalah reaksi tidak etis atas kritik terhadap banyaknya sepeda yang hilang.

Jadi buat Kawula Muda yang biasa menaiki sepeda dan parkir di stasiun KRL sepertinya harus mencoba alternaif lain ya.

Berita Lainnya