Ponsel Lipat Jadul Ngetren Lagi, Inikah Akhir Era Smartphone?

Siapa yang tertarik menggunakan ponsel lipat kembali?

Nokia 2780 Flip kembali populer, inikah akhir dari era smartphone? (NOKIA)
Fri, 12 May 2023

Sejak tahun lalu, tren penggunaan ponsel lipat memang kembali terulang. Sempat bergeser karena kehadiran smartphone atau telepon pintar dengan layar penuh, tren penggunaan ponsel lipat semakin marak saat ini.

Menariknya, ponsel lipat yang saat ini tengah ngetren di kalangan anak muda bukanlah ponsel lipat pintar, seperti Samsung Galaxy Z Fold/Flip, melainkan ponsel lipat zaman dahulu alias jadul, Kawula Muda.

Seperti fenomena yang dilakukan oleh generasi Z (Gen Z) di Amerika Serikat. Para Gen Z di Amerika Serikat diketahui memiliki cara unik untuk melepaskan efek kecanduan smartphone

Salah satu ponsel lipat yang kembali populer, Nokia 2780 Flip (NOKIA)

Lewat akun TikTok @skzzolno, dirinya membagikan 44 buah Nokia 2780 Flip. Sebenarnya, tidak ada yang spesial dari Nokia 2780 selain berguna sebagai alat komunikasi. Namun, Gen Z Amerika Serikat mengaku kesederhanaan tersebut yang membuat mereka tertarik.

"Kami berdiskusi tentang bagaimana kami seperti budak ponsel, seperti robot yang terus menerus menggulir (scrolling) layar, bahkan saat kami kumpul untuk pesta," ujar Palazzolo seperti yang dikutip dari Kompas, Jumat (12/05/2023).

Palazzolo bersama teman-temannya di University of Illinois Urbana-Champaign kemudian membuat kampanye untuk mengurangi dampak kecanduan smartphone dan membagikan pengalamannya lewat TikTok menggunakan ponsel Nokia.

44 Nokia 2780 Flip dibagikan secara gratis oleh seorang mahasiswi di Amerika Serikat dalam rangka kampanye bebas smartphone (TIKTOK/skzzolno)

Tidak hanya sukses menarik perhatian Nokia yang akhirnya bekerja sama dengannya, popularitas perangkat tersebut juga kembali meningkat, loh. 

Meski kebanyakan masih digunakan sebagai handphone sekunder, ponsel lipat lawas rupanya memiliki pasar tersendiri bagi para penggemar maupun orang-orang yang kembali beralih ke ponsel lipat seperti dahulu kala.

Menurut kepala pemasaran HMD Global, Lars Silberbauer, ponsel lipat Nokia terjual hingga puluhan ribu unit setiap bulannya di Amerika Serikat, Kawula Muda.

Adapun demografi penggunanya disebut lintas generasi. "Ini bukan tren yang sedikit," ujar Lars, menunjukkan bahwa ponsel lipat Nokia laris manis, seperti yang dikutip dari Kompas.

Nokia 2780 Flip sendiri baru dirilis pada November 2022. Ponsel ini memang memiliki fitur minimalis, tetapi menunjang komunikasi dasar pengguna karena mendukung fitur 4G, Bluetooth, baterai berkapasitas besar hingga memiliki fitur kamera.

Kawula Muda sendiri, tertarik untuk beralih ke ponsel lipat jadul?

Berita Lainnya