Praktik Bot untuk Raup Tiket Konser Semakin Marak Terjadi

Lo kebagian tiket Seventeen gak, Kawula Muda?

Ilustrasi konser (UNSPLASH)
Mon, 15 Aug 2022


Pada Selasa (09/08/2022), tiket konser Seventeen di Jakarta resmi dijual. Tak butuh waktu berjam-jam, penjualan tiket konser tersebut ludes terjual dalam waktu singkat. 

Adapun penjualan tiket dimulai pada 6 hingga 7 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB khusus untuk Seventeen Official Fanclub Member. Kemudian, masyarakat umum dapat mulai membeli tiket konser tur Be The Sun tersebut pada 9 Agustus 2022 pukul 13.00 WIB. 

Ilustrasi konser musik (UNSPLASH/Anthony DELANOIX)

 

Namun, pada saat pelaksanaan penjualan, ramai di Twitter mengenai berbagai eror yang terjadi. Banyak penggemar Seventeen (CARAT) yang tidak mendapat kesempatan untuk membeli tiket konser idola asal Korea Selatan tersebut. 

Pada awalnya, CARAT mengaku tidak dapat membuka laman khusus pembelian tiket walau telah mendekati pukul 13.00 WIB. Mengutip IDNTimes, salah satu penggemar mengatakan bahwa laman dengan banner event tersebut baru hadir satu jam sebelum ‘war’ tiket dimulai. 

Lebih lanjut, pembicaraan warganet semakin panas kala munculnya cuitan yang mengindikasikan adanya bot pembeli tiket. Di sisi lain, akun @shuayangbgt menulis bahwa terdapat akun lainnya yang memberikan jasa titip pembelian tiket dengan menggunakan bot. 

Dugaan adanya bot tersebut pun semakin kuat dengan banyaknya orang yang menjual kembali tiketnya. Padahal, rentang waktu penjualan kembali tiket tersebut hanyalah satu menit setelah seluruh tiket konser Seventeen dinyatakan sold out. 

Tak hanya konser Seventeen, tetapi pembelian tiket dengan bot kini ramai dibahas. Dengan nilai ekonomi yang tinggi, tiket konser yang memiliki peminat tinggi dapat dijual kembali dengan harga yang fantastis. 

Tak jarang, seseorang dapat mengambil untung hingga Rp 1.000.000 hanya untuk ‘jasa beli tiket konser’ tersebut. Distil Research turut memperkirakan bahwa 42,2persen tiket konser yang diminati memang dibeli untuk dijual kembali. Adapun bot disebut sebagai pembeli mayoritas tiket ‘calo’ tersebut dalam beberapa tahun ini. 

Di sisi lain, mengenai rumor terkait bot yang beredar tersebut, pihak Tiket.com sebagai salah satu medium penjual tiket pun angkat suara. Lewat akun media sosial resminya, mereka meminta maaf kepada para CARAT.

“Kami mohon maaf tentang adanya isu pembelian tiket SEVENTEEN WORLD TOUR BE THE SUN JAKARTA dengan menggunakan bot,” demikian isi keterangan tersebut.

Lebih lanjut, pihak Tiket.com juga menjanjikan akan melakukan investigasi mendalam terkait hal tersebut. 

“Dan jika ditemukan ada pembelian tiket yang terbukti dilakukan dengan cara yang tidak sah, maka tiket tersebut akan dibatalkan,” tambahnya. 

Berita Lainnya