Presiden FIFA Minta Semua Negara Punya Stadion dengan Nama Pele

Permintaan ini diucapkan saat upacara pemakaman Pele.

Mendiang pesepak bola Brasil, Pele (CNN)
Wed, 04 Jan 2023


Presiden FIFA, Gianni Infantino membuat permintaan yang tidak biasa atas nama mendiang legenda pesepak bola Brasil, Pele. Gianni meminta, setiap negara di dunia harus punya stadion sepak bola dengan nama Pele.

Saat menghadiri pemakaman Pele, ia meminta seluruh negara memberikan penghormatan kepada salah satu pemain legenda dunia tersebut.

"Kami akan meminta setiap negara di dunia untuk menamai salah satu stadion sepak bola mereka dengan nama Pele," terang Gianni melansir dari laman Goal, Rabu (04/01/2023).

Ucapan tersebut dikatakan Gianni saat para pelayat berbaris di jalan-jalan di luar stadion sepak bola Santos FC untuk memberikan penghormatan yang meruapakan bagian dari pemakaman Pele.

Presiden FIFA, Gianni Infantino saat menghadiri upacara pemakaman Pele (MSN)

Dilansir dari Suara, peti matinya ditempatkan di tengah lapangan dan para penggemar bisa memberikan penghormatan selama 24 jam sebelum dibawa melewati rumah ibu Pele yang berusia 100 tahun, Celeste.

Ada pula upacara yang diadakan di klub Pele, Santos, seperti parade melalui jalan-jalan di kota Santos. Pele dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya di Memorial Necropole Ecumencia, yang hanya anggota keluarga saja yang hadir.

Legenda itu meninggal pada 29 Desember 2022 di usia 82 tahun. Pele menjadi satu-satunya pemain yang pernah memenangkan Piala Dunia tiga kali pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Pele mendapatkan julukan The King sepanjang kariernya dalam sepak bola. Karier klub Pele hanya ada pada dua tim yaitu Santos selama 19 tahun dan New York Cosmos dari 1975 hingga pensiun pada 1977.

You will always remembered, Pele.

Berita Lainnya