Puan Maharani Dihadiahi Album BTS oleh Ketua Dewan Nasional Korea Selatan

Mau juga :(

Puan Maharani dapat cendera mata album BTS dari Ketua Dewan Nasional Korea Selatan, Park Byeong-Seug (INSTAGRAM/PUAN MAHARANI)
Fri, 25 Mar 2022


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, dihadiahi album BTS oleh Ketua Dewan Nasional Korea Selatan, Park Byeong-Seug. Hadiah tersebut merupakan bentuk cendera mata dari pertemuan bilateral antara kedua ketua parlemen tersebut.

Pertemuan tersebut digelar di sela 144th Assembly of the Inter-Parliamentary Union (IPU) di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Bali, Selasa, 22 Maret 2022. Setelah pertemuan tersebut, Puan mendapat sebuah album musik BTS, Map of The Soul: 7.  Salah satu isi album tersebut adalah postcard bertanda tangan personil boy grup asal Korea Selatan tersebut. 

Puan Maharani dapat cendera mata album BTS dari Ketua Dewan Nasional Korea Selatan, Park Byeong-Seug (INSTAGRAM/PUAN MAHARANI)

  

Surprise juga saya dapat CD BTS,” tutur Puan mengungkap keterkejutannya akan pilihan cendera mata tersebut dikutip dari Bisnis. 

Ia turut menjelaskan bahwa cendera mata biasanya berbentuk aksesoris perkantoran atau plakat kantor gedung masing-masing. Walaupun begitu, Puan menyatakan akan mencoba mendengarkan lagu-lagu di album tersebut. 

Sementara itu, kepada media, Byeong-Seug menyatakan bahwa album BTS menjadi salah satu bentuk diplomasi. “Album BTS ini menjadi salah satu diplomasi budaya kami,” tuturnya dikutip dari Tempo. 

Pertemuan Bilateral 

Adapun pertemuan tersebut bertujuan untuk membicarakan hubungan bilateral Indonesia dengan Korea Selatan yang telah berlangsung sejak 1986 lalu. Salah satunya terkait peningkatan kerja sama di bidang kesehatan serta transformasi digital termasuk keuangan digital. Selain itu, mereka juga membicarakan kerja sama untuk mengatasi disrupsi pada rantai pasok global. 

Selain Itu, Puan menerangkan pertemuan tersebut juga turut membahas rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia. Hal itu berkaitan dengan pengalaman Korea Selatan yang tengah mencoba  memindahkan ibu kota administrasi ke Sejong yang berjarak lebih dari 120 km dari Seoul. 

“Mereka sampaikan kita bisa bertukar pikiran, bertukar pengalaman bagaimana kemudian cara mereka memindahkan ibu kota, termasuk pemindahan tempat-tempat pemerintah dan lembaga,” tutur Puan. 

Berita Lainnya