Rekomendasi Aplikasi yang Bisa Membantu atasi Anxiety

selamat mencoba.

Ilustrasi seseorang mengalami anxiety (UNSPLASH)
Wed, 18 May 2022

Rasa cemas yang berlebihan atau anxiety merupakan hal normal yang dirasakan saat seseorang menghadapi situasi yang menimbulkan rasa takut atau khawatir.

Konsultasi ke terapi profesional memang membantu, namun membutuhkan biaya yang cukup mahal. Nah, perkembangan teknologi memungkinkan untuk mengurangi anxiety melalui aplikasi. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Kawula Muda coba.

1. Headspace

Aplikasi ini mengajak seseorang untuk melakukan meditasi. Meditasi yang dilakukan berfokus pada tidur, kebahagiaan, dan produktivitas. Headspace membantu penggunanya untuk mendapat keseimbangan dan kedamaian di kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini juga tersedia untuk android dan iOS.

2. Calm

Pengguna aplikasi Calm akan diberikan panduan untuk mendapatkan relaksasi, tidur yang nyenyak, dan meditasi. Aplikasi ini cocok untuk pemula karena dilengkapi dengan panduan dari praktisi berpengalaman. Calm juga memiliki fitur white-noise yang membantu penggunanya untuk tidur.

3. Happify

Happify mengklaim bisa meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stress lo lewat permainan. Aplikasi ini juga memberikan beberapa pertanyaan saat penggunanya masuk ke aplikasi untuk mengetahui perasaan yang dirasakan penggunanya. Happify  memberikan pertanyaan agar penggunanya bisa berkembang sesuai goals-nya.

4. Operation Reach Out

Pada awalnya aplikasi ini dikembangkan untuk menangani kasus post-traumatic stress disorder (PTSD) dan depresi di kalangan veteran militer Amerika Serikat. Aplikasi ini mengutamakan untuk membantu pengguna yang rentan memikirkan atau melakukan percobaan bunuh diri dan perlu bantuan sesegera mungkin.

5. Reflectly 

Aplikasi Reflectly dijuluki sebagai pendamping kesehatan mental. Aplikasi ini memiliki artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mendukung jurnal digital yang menjadi hal utama pada aplikasi. Reflectly membantu pengguna dalam menghadapi pikiran negatif dan emosi yang rumit dengan memberikan pandangan yang lebih cerah dan positif.

6. Dare

Aplikasi Dare membantu pengguna dalam masalah anxiety, serangan panik, dan insomnia. Fitur yang unik di aplikasi ini berupa fitur rekaman audio yang bisa menenangkan pengguna saat terserang rasa panik dan cemas. 

7. What’s Up?

Aplikasi ini bertujuan mengelola kesehatan mental pengguna dengan terapi Cognitive Behavioural Therapy (CBT) dan terapi komitmen. What’s Up? membuat strategi mengatasi masalah yang difokuskan mengenai depresi, kecemasan, amarah, dan stres. Fitur aplikasi ini berupa panduan teknik pernapasan, melacak kebiasaan baik dan buruk, serta fitur buku harian. 

Semua aplikasi ini bisa lo coba untuk bantu menenangkan pikiran. Kawula Muda bisa memilih untuk download secara gratis atau berlangganan.

Berita Lainnya