Logo HUT RI Ke-78 Resmi Rilis, Berikut Arti dan Cara Download Gambar

Jokowi sudah memilih logo dan tema HUT RI ke-78

HUT RI 78 Logo Utama (Dok.Seretariat MSN)
Wed, 14 Jun 2023

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, sudah memilih langsung logo yang dirilis Istana, untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78 yang akan dirayakan pada 17 Agustus mendatang, dengan mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.”

Dilansir dari CNN Indonesia, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengungkapkan dalam konferensi pers virtual pada hari Senin (1/6/2023) lalu.

“Tema besar tahun ini adalah terus melaju untuk Indonesia maju, itu tema besarnya, dan berikutnya adalah logo kemerdekaan RI ke78 ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden,” ucap Heru.

Logo yang dibuat tersebut, memadukan angka 7 dalam garis solid dan angka 8 dalam lima garis berwarna merah, dengan slogan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju" berada di sebelah logo.

Menurut keterangan tertulis oleh Heru Budi Hartono, logo dibuat pada tahun ini melambangkan gagasan gotong royong, harmoni, dan sifat tanggung jawab bersama sebagai aspirasi kesejahteraan rakyat, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam menghadapi persaingan secara global.

1. Garis Horizontal

Melambangkan tongkat Estafet yang memiliki arti sifat kolektif. Melibatkan bangsa untuk bergotong-royong menuju Indonesia yang maju, bersinergi dalam satu irama, satu asa, dan satu bangsa.

2. Angka 7

Memiliki bentuk arah panah ke atas, dengan maksud bergerak maju. Bergerak dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

3. 5 Garis Melengkung

Melambangkan 5 sila Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses kemajuan.

4. Garis-garis dan garis padat

Garis berbentuk solid ini melambangkan tujuan yang sama, dengan tanggung jawab bersama yang bersifat kolektif menuju Indonesia maju, walaupun dengan latar belakang yang beragam.

5. Garis padat dan Garis-garis yang tidak terputus

Melambangkan proses pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dalam melibatkan setiap elemen bangsa, guna membangun bangsa dan negara yang adil dan makmur sentosa dengan gotong royong.

6. Angka 8

Merepresentasikan pembangunan dengan pola pikir secara global pada kemajuan kesejahteraan rakyat, sehingga menghasilkan SDM yang unggul dan dalam berkompetisi di kancah dunia.

Logo ini disarankan untuk segala lini terutama Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah untuk memeriahkan HUT RI ke 78 dengan memasang logo melalui LED, Banner, hingga media luar ruang lainnya mulai pertengahan bulan Juli mendatang.

“Kita bersepakat dimulai pertengahan Juli, sudah ada semarak HUT RI 2023, di mana logo, banner mulai dari Aceh sampai Papua sudah bisa ditayangkan di tempat strategis,” ucap Heru.

Selain itu, logo tersebut dilarang untuk diubah orientasi logo selain horizontal, mengubah proporsi logo, menambah efek bayangan, mengubah warna, menampilkan logo dalam bentuk garis dam mengubah warna logo di luar palet warna.

Bagi Kawula Muda yang ingin ikut memeriahkan HUT RI ke-78 bisa download logo tersebut melalui link di sini ya.

Berita Lainnya