Selamat Hari Kucing Sedunia, Berikut Sejarah dan Tujuan Perayaannya

Kalian udah tahu belum nih ?

Hari kucing sedunia (Prambors/ Devani Amanda)
Tue, 08 Aug 2023

Selamat Hari Kucing Sedunia! Hari Kucing Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Agustus atau tepatnya hari ini.  

Kucing adalah makhluk dengan rupa lucu dan menggemaskan. Binatang ini identik memiliki bulu yang lebat. Selain lucu dan menggemaskan, kucing juga dapat di jadikan teman, loh Kawula Muda! 

Hari Kucing Sedunia yang diperingati hari ini, ternyata memiliki sejarah yang belum diketahui oleh khalayak banyak. 

Pada peringatan Hari Kucing Sedunia, para pencinta kucing dapat melakukan berbagai cara dalam menyejahterakan kucing terutama kucing yang membutuhkan perhatian khusus.

Berikut ini adalah penjelasan sejarah dan makna dari perayaan Hari Kucing Sedunia, Kawula Muda.

Kucing (UNSPLASH/bogdan farca)

 

Sejarah Hari Kucing Sedunia

Melansir laman Day of The Years, Hari Kucing Sedunia pertama kali diinisiasi oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW). IFAW adalah salah satu organisasi yang bergerak untuk kesejahteraan hewan terbesar di dunia.

Lalu, pada tahun 2020 dilanjutkan oleh International Cat Care, salah satu organisasi di Inggris yang juga aktif merawat dan menjaga kesejahteraan kucing. Organisasi ini telah ada sejak tahun 1958.

Peringatan Hari Kucing Sedunia ini juga dapat menjadi tempat bagi pencinta kucing untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum mengenai animal welfare (kesejahteraan hewan), khususnya pada kucing yang tidak terurus.

Hal yang Dapat Dilakukan untuk Merayakan Hari Kucing Sedunia

Selanjutnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merayakan atau memperingati Hari Kucing Sedunia ini yaitu dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Mengadopsi Kucing

Mengadopsi kucing terutama kucing yang membutuhkan atau dalam keadaan sakit. Hal ini dapat membantu menyejahterakan kucing dengan catatan memperhatikan aspek-aspek animal welfare dalam memelihara kucing, seperti memberikan perhatian khusus, makanan bergizi dan lain sebagainya.

2. Memberikan Donasi ke Badan Perlindungan Kucing

Selanjutnya kalian bisa menggunakan cara kedua ini untuk beramal. 

Walaupun tidak banyak tapi kalian dapat membantu untuk menyisihkan sedikit pendapatan kepada badan perlindungan kucing yang terpercaya. 

Donasi tersebut dapat membantu tempat penampungan kucing untuk memberikan perawatan dan pemeliharaan lebih baik pada kucing-kucing yang perlu diperhatikan secara khusus.

3. Sukarela Menjadi Relawan di Cat Shelter

Selain menyumbang donasi pada badan amal, pecinta kucing juga dapat menyumbangkan tenaganya untuk menjadi relawan di tempat penampungan kucing.

Menjadi relawan juga dapat memberikan Kawula Muda kesempatan untuk bermain bersama kucing-kucing yang menggemaskan. Kawula Muda juga dapat mengoptimalkan Cat Shelter untuk memberikan pelayanan yang lebih komprehensif pada kucing.

Ini dia penjelasan tentang Hari Kucing Sedunia dari segi sejarah dan cara merayakannya. Kawula Muda, selalu sayangi binatang di hari apapun ya. Perlu diingat juga untuk menjaga binatang sesuai dengan habitat mereka agar ekosistem di bumi ini tetap terjaga.

Berita Lainnya