Sekda Riau Sebut Barang Mewah Istri Produk KW Beli di Mangga Dua

HEMMM...

Sekda Riau SF Hariyanto memperlihatkan barang-barang milik istrinya yang ternyata KW (DOK SEKDA RIAU)
Tue, 21 Mar 2023


Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, SF Hariyanto, menjadi perbincangan terkini usai hidup mewah sang istri tersorot oleh media sosial dan media. Menanggapi hal tersebut, Hariyanto menyebut barang branded sang istri adalah KW dan ia berlibur dengan tiket promo. 

“Mereka (netizen) lihat ini disandingkan totalnya Rp 420 juta, padahal hanya Rp 2-Rp 5 juga beli di ITC Mangga Dua di Jakarta,” tutur pejabat tersebut pada Senin (20/03/2023) seperti dikutip dari Detik.

Gaya hidup mewah istri Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, SF Hariyanto (TWITTER)

 

Ia pun menegaskan bahwa sang istri tentu selalu menyatakan bahwa tas-tas tersebut adalah barang mewah. Namun, sebenarnya barang tersebut adalah tiruan yang dapat dibeli dengan harga murah di ITC Mangga Dua. 

Terkait permasalahan jalan-jalan mewah, Hariyanto menyebut biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar. Hal itu ditunjang dengan menggunakan pesawat ekonomi, penggunaan transportasi umum, serta penggunaan tiket promo. 

Selain itu, terkait tempat makan mahal yang diberitakan, istri dan teman-temannya hanya menyempatkan diri untuk berfoto. Ia pun menyebut bahwa mereka hanya memakan kentang goreng, es krim, dan burger senilai Rp 350.000. 

“Itu untuk liburan ke luar negeri itu lebih kurang 14 jutaan untuk tujuh hari, kelas ekonomi dan memilih tiket promo, itu saja menginapnya di apartemen biasa untuk menghemat biaya dan bahkan ada yang menggunakan transportasi umum. Jadi tidaklah bermewah-mewahan seperti yang diinfokan tersebut,” Ujar SF Hariyanto dikutip dari AyoJakarta.com.

Walau begitu, warganet kian rajin untuk menelisik lebih dalam terkait kekayaan pejabat Riau tersebut. Beredar pula sang putri yang menyelenggarakan ulang tahun ke-17 di hotel mewah ibu kota, The Ritz Carlton. 

Lebih lanjut, Hariyanto melakukan klarifikasi bahwa gaya hidup istrinya yang dirangkai bernada hedonis di media sosial tidak sepenuhnya benar. Foto-foto tersebut diambil pada 2017 hingga 2018, atau saat ia bertugas di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan belum menjabat sebagai Sekda Riau. 

Terkait sang istri, Hariyanto turut menyebut ia baru saja menjalani operasi tulang punggung dan tengah berada di tahap pemulihan.

“Saya fikir ini perlu diluruskan. Karena perlu juga saya sampaikan saat ini istri saya kondisinya tidak begitu fit pasca melakukan operasi tulang punggung beberapa waktu lalu. Sehingga tentunya sangat terpukul mendapat informasi yang tidak mendasar tersebut," ujar SF Hariyanto.

Mengutip Kompas, jumlah kekayaan Hariyanto yang tercatat adalah sebesar Rp 9,7 miliar. Jumlah tersebut berupa 9 lahan tanah dan bangunan senilai Rp 8,5 miliar, transportasi dan mesin sebesar Rp 850 juta, harta bergerak lain sekitar Rp 216 juta, serta kas setara Rp 154 juta. 

Sebelumnya, Hariyanto merupakan salah satu pejabat yang mengingatkan agar seluruh pejabat di Riau tidak bergaya hidup mewah. 

“Saya mengingatkan juga kepada semua kawan-kawan yang ada di Pemprov Riau ini, agar tidak ada kehidupan yang hedon, baik itu istri maupun anaknya,” tuturnya pada Rabu (15/03/2023) lalu seperti dikutip dari Kompas. 

Berita Lainnya