Sekolah di Palembang Sediakan Tempat Ibadah untuk Semua Agama

Much needed banget, Kawula Muda

Image Caption
Fri, 18 Aug 2023


Sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) Kusuma Bangsa yang berada di Kecamatan Ilir Timur 3, Kota Palembang viral di media sosial.

SMA Kusuma Bangsa di Palembang ini kini tengah menjadi sorotan publik karena fasilitas yang ada di sekolah tersebut yaitu menyediakan 5 tempat ibadah yang bisa digunakan atau fasilitas masing-masing tempat ibadah untuk semua agama.

“Kegiatan keagamaan di sekolah Kusuma Bangsa sudah menjadi rutinitas peserta didik beserta guru-guru yang dilaksanakan setiap minggunya pada hari Jumat. Tersedia lima ruang keagamaan untuk masing-masing agama terletak di lokasi yang telah ditentukan,” tulis Osis SMA Kusuma Bangsa Palembang seperti yang diunggah melalui TikTok mereka.

@osissmakumbang Kegiatan keagamaan di sekolah Kusuma Bangsa sudah menjadi rutinitas peserta didik beserta guru-guru yang dilaksanakan setiap minggunya pada hari Jumat. Tersedia lima ruang keagamaan untuk masing-masing agama terletak di lokasi yang telah ditentukan. Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh warga Kusuma Bangsa untuk melaksanakan kegiatan ini. Maka dari itu diadakan pengecekkan kehadiran peserta didik pada setiap kegiatan keagamaan. Selain mengutamakan pendidikan akademis, Kusuma Bangsa juga sangat mengutamakan pendidikan agama peserta didiknya, karena perbedaan menimbulkan kebersamaan. #supportkmbaakemenag #balitbangdiklatkemenag #blasemarang ♬ suara asli - storytulus

Melalui video yang diunggah OSIS SMA Kusuma Bangsa melalui TikTok, terlihat para siswa dari agama Islam, Kristen, Hindu, Katolik, dan Budha tengah beribadah di ruangan yang telah disediakan.

Ruangan yang disediakan untuk masing-masing agama tersebut juga memiliki fasilitas yang memadai dan bagus, Kawula Muda.

“Pihak sekolah memantau dan mendampingi peserta didik dalam kegiatan keagamaan rutin. Selain itu, indahnya keberagaman terlihat dari antar peserta didik yang saling mengingatkan satu sama lain untuk beribadah sesuai agama masing-masing sehingga menciptakan kerukunan beragama yang sesungguhnya," tulis keterangan dari pihak sekolah.

Menariknya, di akhir video, semua murid yang telah selesai beribadah sesuai agama masing-masing melakukan aktivitas lainnya bersama di sekolah.

Sekolah yang disebut mengedepankan perbedaan keyakinan di lingkungan sekolah untuk menciptakan kebersamaan tersebut menuai beragam komentar positif dari warganet.

Perbedaan keyakinan di lingkungan sekolah ini dapat menciptakan kebersamaan. Diketahui, sekolah Kusuma Bangsa juga menjalankan kegiatan keagamaan yang dilakukan setiap hari Jumat, Kawula Muda.

Berita Lainnya