Selain Oppa, Deretan Bahasa Korea Ini Masuk di KBBI

Anyeonghaseo, Kawula Muda!

Bendera Korea Selatan (UNPLASH)
Fri, 15 Jul 2022


Kawula Muda, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah memasukkan kosakata Bahasa Korea ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Baru-baru ini, ada kata 'Oppa' dari negeri ginseng tersebut yang memiliki arti laki-laki lebih tua.

Di akun Instagram @badanbahasakemendikbud, ada penjelasan kata 'Oppa' beserta ilustrasi lelaki Korea yang sedang mengangkat kedua tangan dengan simbol hati.

Daftar kosakata tersebut adalah hasil serapan dari bahasa asing (bahasa Korea) yang telah disesuaikan dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

Hasil budaya Korea seperti bahasa, drama, hingga musiknya tersebar luas di masyarakat Indonesia. Bahkan, penggunaan istilah dalam bahasa Korea juga didengar dan sering diterapkan saat menonton drama Korea.

Selain itu, makanan Korea juga marak jadi populer masyarakat Indonesia, baik kalangan anak-anak hingga dewasa.

Ilustrasi korean love sign (V LIVE)

 

Nah, ini dia deretan kosakata bahasa Korea yang ada di KBBI:

1. Oppa

Oppa adalah panggilan dari perempuan kepada laki-laki yang lebih tua, biasanya yang sudah memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama. 

2. Bibimbap

Bibimpab merupakan salah satu makanan ciri khas Korea yang identik dengan mencampur lauk jadi satu.
Di KBBI, bibimbap adalah makanan Korea yang berisi daging, nasi, sayuran, dan lain-lain serta bumbu yang bisa langsung dimakan.
Makanan ini enak, loh, Kawula Muda.

3. Kimci

Selanjutnya ada makanan tradisional Korea, nih. Masyarakat Korea tidak lepas dengan hidangan yang satu ini.
Kimci adalah makanan berupa acar pedas yang terbuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang dicampur dengan aneka bumbu (bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya), dan difermentasikan.

4. Bingsu

Es yang diserut seperti salju yang diberi tambahan gula, kacang tanah, dan buah ini diberi nama Bingsu, Kawula Muda.

5. Mandu

Mandu ialah pangsit versi Korea. Sama seperti di KBBI, mandu memiliki arti pangsit.

6. Mokbang

Kata mokbang biasa didengar di drama Korea atau konten kreator di media sosial. Kata ini berkaitan dengan makanan.
Di KBBI, mokbang bermakna siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang yang memakan banyak makanan.

7. Bulgogi

Bulgogi dalam KBBI ialah makanan Korea yang berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah lain, diolah dengan cara dipanggang atau digoreng.

8. Gocujang

Saus yang punya rasa pedas ini selalu ada di dalam hidangan khas Korea. Di KBBI, gocujang berarti pasta cabai yang terbuat dari bubuk cabai, tepung beras ketan, tepung kedelai yang difermentasi, dan garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan Korea.

9. Bancan

Bancan berarti makanan pendamping nasi khas Korea, dapat terbuat dari daging, ikan, sayur, dan lainnya, biasa disajikan dalam piring-piring kecil dengan porsi terbatas.

10. Hanbok

Pakaian tradisional Korea juga masuk dalam KBBI, loh. Baju hanbok adalah atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan atau celana longgar panjang bagi pria, biasa digunakan pada acara formal seperti pernikahan dan upacara kematian atau hari peringatan nasional.

11. Manhwa

Terakhir, ada Manhwa yang memiliki arti komik khas Korea. Manhwa satu ini merupakan hasil adaptasi novel daring berjudul sama yang sangat populer di Korea Selatan.

Berita Lainnya