Seoul Korea Selatan Keluarkan Peringatan Perang “Wartime Alert”

Penduduk Seoul, Korea Selatan diminta untuk evakuasi secepatnya

Misil Korea Utara (Instagram/tecateinfo)
Wed, 31 May 2023

Pemerintahan Seoul, Korea Selatan. Telah mengeluarkan peringatan “Wartime Alert.” Peringatan ini, diterima oleh seluruh penduduk kota melalui ponsel masing-masing. Tepat pada hari Rabu. (31/5/2023)

Warga kota Seoul, dihimbau untuk siap-siap evakuasi dengan didahului oleh kelompok renta seperti, anak-anak, wanita hamil, hingga lansia.

Dubes RI Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto Soeherman, mengungkapkan notifikasi perang muncul di pagi hari waktu setempat, dan tidak adanya pergerakan seperti perang.

“Kami segera pantau keadaan di luar, namun tidak tampak pergerakan seperti layaknya perang,” Ucap Gandi.

Setelah pesan “Wartime Alert.” tepat pukul 06.41 Waktu Korea setempat diberikan, Gandi mengatakan, pada pukul 07.25 diterima kembali pesan melalui ponsel yang menyatakan Wartime Alert tersebut disebabkan oleh peluncuran rudal dari Korea Utara.

Informasi selanjutnya menyatakan bahwa Wartime Alert dicabut dari kota Seoul dan penduduk kota dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

Berdasarkan informasi dari Kantor Berita Yonhap, Pemerintahan Korea Selatan dan Jepang telah mendeteksi peluncuran misil oleh Korea Utara, dan hingga saat ini, masih dalam tahap penyelidikan.

Menurut gandi, kemungkinan, misil yang diluncurkan merupakan respons Korea Utara terhadap latihan militer Korea Selatan dan Amerika Serikat dalam beberapa hari terakhir.

Berita Lainnya