Sri Mulyani Berjanji Bersihkan Kemenkeu di Depan Influencer

Semoga benar-benar terjadi ya, Kawula Muda :)

Dokumentasi pertemuan Sri Mulyani dengan para influencer (INSTAGRAM/DEE LESTARI)
Mon, 20 Mar 2023


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjanjikan bersih-bersih Kemenkeu ketika bertemu dengan para influencer. Adapun pertemuan tersebut berlangsung pada Jumat (17/03/2023) pukul 19.30 hingga 23.00 WIB di Kementerian Keuangan, Jakarta. 

Deretan influencer yang hadir pada pertemuan tersebut yakni Dee Lestari, Marcel Siahaan, Bintang Emon, Babe Cabita, Chandra Darusman, Richard Sam Bera, Felicia Tjiasaka, Guntur Romli, dr Tirta, Rudi Valinka, Mazzini, serta Annisa Stevani. 

Bicarakan Aspirasi Publik

Menteri Keuangan Sri Mulyani (INSTAGRAM/DEE LESTARI)

 

Inti pembicaraan dari pertemuan tersebut adalah agar Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat mendapat aspirasi dan masukan dari publik. Hal ini termasuk perbaikan skema pemungutan pajak hingga penanganan kasus pelanggaran kepegawaian yang diharapkan dapat transparan. 

Selain Itu, diberitahukan pula kebijakan baru penurunan tarif pemotongan PPh Pasal 23 atas royalti penulis/pekerja seni dari 15 persen menjadi 6 persen. Kemudian, terdapat relaksasi ketentuan exim dan kepabeanan terhadap barang pameran yang kerap dikeluhkan para pelaku usaha.

Para Influencer Meluapkan Kekesalan 

Pada akun Twitternya, Mazzini menyebut tujuan dari pembicaraan tersebut adalah menumpahkan kekesalan. Salah satunya terkait pegawai pajak yang kurang ramah kepada masyarakat dan terkesan terlalu menyeramkan. 

Kemudian, dibicarakan pula terkait kejelasan kasus Rafael Alun atas kepemilikan harta luar biasa hingga pegawai bea cukai lainnya yang kini tengah diusut lebih dalam oleh pihak Kemenkeu dan polisi. 

“Tadi malem Menkeu sampaikan sampai sekarang sudah ada 60-an orang pegawai di bawah kementerian keuangan yg di usut harta kekayaannya yg diduga gak wajar. Ini lebih banyak dari pada nama yg beredar di medsos,” tulis Mazzini.

Lebih lanjut, juru bicara Kemenkeu, Yustinus Prastowo, menjelaskan bahwa perhatian warganet dan masyarakat atas berbagai isu di Kemenkeu belakangan ini perlu direspons. 

“Sebelum ini Menkeu dan jajaran juga bertemu dan mendengarkan masukan dari para tokoh dan pegiat antikorupsi,“ tutur Praswoto seperti dikutip dari Kata Data, Senin (20/03/2023). 

"Perbaikan akan terus dilakukan berdasarkan masukan publik.”

Perjuangkan Keadilan bagi David


Selain memberikan aspirasi tersebut, Rudi Valinka dalam akun Twitternya menyebut para influencer turut memperjuangkan keadilan bagi David. 

“Bertemu dengan ibu menkeu SMI beserta jajaran tadi malam hingga jam 23.30. Setelah meminta izin dengan keluarga David, kita menyampaikan update perkembangan David dan harapan ke depannya,” tulis Rudi seperti dikutip dari akun Twitternya, Senin (20/03/2023).

“Tidak lupa semua curhat dan uneg2 Netizen dan bocoran dari Zoey kita sampaikan ke beliau. Pertemuan sangat kondusif, beliau bersahaja menerima semua kritikan dengan legawa dan berjanji akan memperbaiki dalam waktu dekat.”

Influencer Tidak Dapat Bingkisan ‘Uang’


Salah satu pertanyaan yang dipertanyakan oleh warganet kepada para influencer tersebut adalah isi ‘bingkisan’ yang diterima. Salah satu influencer yang diundang, Mazzini, menyebut tidak adanya uang yang ia terima. 

“Demi Allah gak ada uang 1 rupiah pun yg saya dapat. Dan gak ngarep juga, datang pake uang sendiri, isi bensin sendiri, pulang dari Kemenkeu token listrik saya bunyi karena habis pun isi sendiri. Yg didapat cuma bingkisan itu. Mungkin kalau curiga kotak coklat itu isinya uang. Silakan liat,” tulisnya pada 18 Maret lalu. 

Ia pun menjelaskan memang menerima sebuah kotak coklat. Namun, kotak tersebut hanya berisi sebuah pengharum ruangan.

Babe Cabita Sempat Takut Dijebak

Komedian Babe Cabita bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani (INSTAGRAM/BABECABIITA)

 

Mengutip TV One, ternyata Babe Cabita sempat merasa takut ‘dijebak’ oleh Kemenkeu, loh Kawula Muda! Hal itu mengingat ia memang kerap mempertanyakan soal pembayaran pajak yang bermasalah sejak 2019 lalu. 

“Halo @DitjenPajakRI mumpung lagi rame aku juga mau minta tolong, aku uda bayar pajak terhutang (kurang bayar) tahun 2019 sebesar 167jt krna aku kmaren kurang edukasi dan ternyata masi harus bayar dendanya 70jt. Ampuuun... denda nya bisa dihapus ga?” tulis pada 24 Februari lalu. 

"Aku kan sebelumnya koar-koar tuh di twitter, duh apa aku dimarahin, apa dijebakan," Ungkap Babe Cabita di depan Menteri Keuangan usai makan malam di Kantor Kementerian Keuangan, Sabtu (18/3/2023) seperti mengutip TV One. 

Namun, setelah mengetahui terdapat rekan-rekan lainnya seperti Bintang Emon yang diundang ke pertemuan tersebut, bebe mengaku lega. 

“Ternyata dapat undangannya rame, Bintang Emon juga diundang, aman ternyata, dipikir mau dijebak," Kelakar Komika, Babe Cabita, usai makan malam dan berbincang santai dengan para influencer lainya.

Berita Lainnya