Berita Hiburan Terheboh Minggu Ini: Gudfest Batal Lagi sampai Nama Unik di Indonesia!

Kawula Muda, berita favorit lo minggu ini apa?

Berita Hiburan Terheboh Minggu Ini: Gudfest Batal Konser sampai Nama Unik di Indonesia! (BERBAGAI SUMBER)
Sun, 19 Mar 2023


Kawula Muda, berita hiburan terheboh minggu ini balik lagi, nih. Kali ini, publik diramaikan dengan pembatalan festival musik GUDFEST untuk kedua kalinya. Diketahui, pihak Gudfest sendiri belum menyelesaikan proses refund terhadap festival GUDFEST 2022 tahun lalu. 

Tidak hanya itu, warganet juga diramaikan dengan unggahan seorang wanita rebahan di KRL, Kawula Muda. Unggahan tersebut menimbulkan berbagai pro dan kontra hingga pihak KAI Commuter Line angkat bicara.

Ditutup dengan nama-nama unik yang hanya ada satu di Indonesia versi Dukcapil, berita mana yang menarik perhatian lo?

Simak berita lengkapnya di bawah ini!

1. Gudfest Batal Konser Kedua Kalinya

Festival musik GUDFEST 2023 kembali dibatalkan (GUDFEST)

Festival musik GUDFEST 2023 yang seharusnya terlaksana pada 19 Maret 2023 resmi dibatalkan. Sebelumnya, konser tersebut mengumumkan akan menampilkan line up SUM 41, NTRL, Summerland, Rocket Rockers, Closehead, Sreteowall, dan Anarcute. 

Pihak Gudfest menyebut pembatalan konser tersebut ‘terpaksa’ dilakukan akibat polemik proses refund GUDFEST 2022 yang belum selesai. Disebutkan, banyak pihak yang menyuarakan hal-hal negatif sehingga merugikan pihak GUDLIVE, promotor dari acara tersebut. 

Sebelumnya, GUDFEST 2022 adalah festival musik yang dibatalkan tahun lalu. Kala itu, GUDLIVE menggandeng beberapa musisi populer seperti Honne, Lauv, CHVRCHES, Chelsea Cutler, hingga Ruel namun dibatalkan. 

Hingga saat ini, proses refun GUDFEST 2022 belum sepenuhnya usai, Kawula Muda.

Lebih lanjut, pihak promotor menyebut tidak ingin menjadikan acara tersebut sebagai ‘bahan lelucon’. Pembatalan ini juga merupakan bentuk upaya pencegahan tindakan ‘berlebihan’ beberapa pihak terhadap acara tersebut. 

Atas pembatalan tersebut, pihak GUDLIVE meminta maaf kepada seluruh pihak yang terlibat dalam GUDFEST 2023, termasuk para pengisi acara, sponsor, media, serta pembeli tiket.

Untuk Kawula Muda yang sudah membeli tiket GUDFEST 2023, refund dijanjikan akan dilakukan secepatnya dengan proses terpisah dari GUDFEST 2022. Detail mengenai proses refund tersebut pun akan segera diumumkan oleh GUDLIFE.

2. Wanita Rebahan di KRL karena Haid, Malah Disindir Penumpang Lain

Wanita rebahan di KRL karena nyeri haid mendapat pro dan kontra dari Warganet (TWITTER)

Warganet ramai membicarakan unggahan viral seorang penumpang wanita yang rebahan di kursi KRL. Video tersebut yang menuai beragam komentar pro dan kontra, Kawula Muda. 

“Pak gak boleh kan pak tidur ya? Berasa kaya kereta milik nenek moyang lu,” ucap si perekam video sambil sedikit tertawa, dikutip pada Kamis (16/03/2023).

Wanita tersebut mengatakan alasan ia rebahan di dalam KRL sampai memohon kepada petugas KRL karena perutnya sakit.

"Sakit perut banget aku Pak," ungkap wanita tersebut ketika ditegur oleh seorang petugas KRL.

Video tersebut sontak menuai beragam komentar dari Warganet. Banyak Warganet menilai, wanita yang sedang mengalami nyeri akibat haid sebaiknya diberikan toleransi ketika mengeluh sakit di tempat umum, karena rasa sakit yang dirasakan seseorang ketika haid memang dapat membuat seorang wanita kesulitan beraktivitas, Kawula Muda.

Namun ada yang menilai, tidak seharusnya wanita tersebut rebahan di kursi KRL karena dikhawatirkan bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain di fasilitas umum meski dalam video terlihat keadaan gerbong KRL tersebut sepi dan tidak sedang jam sibuk.

Pihak KAI Commuter Line juga telah angkat bicara, menurut KAI, wanita tersebut telah dibantu oleh petugas KRL mengenai kondisinya, Kawula Muda. Petugas KRL juga senantiasa memberikan bantuan, apabila terdapat pelanggan dan pengguna jasa yang membutuhkan.

3. Nama-nama Unik Indonesia, Ada Selamat Pagi dan Selamat Siang

Ilustrasi nama unik orang Indonesia (SHUTTERSTOCK)

Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Prof. Zudan Arif Fakrulloh membagikan lima nama unik yang menjadi satu-satunya di Indonesia. 

"Saya dan tim Dukcapil sudah mencoba melihat nama-nama penduduk Indonesia di dalam database kependudukan yang menurut teman-teman dukcapil namanya unik-unik," kata Zudan melansir Kumparan.

Tidak hanya itu, Tim Dukcapil bahkan akan memberikan hadiah tap cash akibat keunikannya. Kawula Muda berikut 5 nama yang hanya ada satu-satunya di Indonesia dan mencuri perhatian: Dinas Komunikasi Informatika Statistik, Gema Alunan Nada Indonesia, Selamat Pagi, Selamat Idul Fitri, dan Susah Senang!

Meski unik dan memiliki makna tertentu, Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 telah membuat panduan membuat nama, loh. Di antaranya dengan mengatur jumlah huruf paling banyak 60 huruf termasuk spasi dan jumlah kata paling sedikit 2 kata.

Soalnya, pemberian nama yang melebihi jumlah batas tersebut akan melebihi ketentuan karakter pada aplikasi dan formulir dokumen.

Tidak hanya itu, hindari penggunaan singkatan atau nama yang terdiri dari satu huruf serta hindari memberi nama-nama yang bermakna negatif, bertentangan dengan norma agama, kesopanan, dan kesusilaan.

Kawula Muda, stay tune terus untuk berita heboh mingguan Prambors!

Berita Lainnya