TikTok Shop Resmi Comeback di Harbolnas 12.12 bersama Tokopedia

Siapa yang sudah checkout barang dari TikTok Shop?

TikTok Shop Resmi Comeback di Harbolnas 12.12 bersama Tokopedia (INSTAGRAM/Tokopedia)
Tue, 12 Dec 2023


TikTok Shop kembali beroperasi secara resmi di Indonesia lewat kerja sama dengan perusahaan e-commerce, Tokopedia tepat pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12.12 (12/12/2023) pukul 00.00 WIB.

Kembalinya TikTok Shop ini ditandai dengan adanya fitur belanja atau Shop Tab yang memunculkan tagline “Kolaborasi untuk Memberdayakan UMKM Indonesia” lengkap dengan logo Tiktok Shop dan Tokopedia. 

Seperti dalam keterangan sebelumnya dari kedua pihak, TikTok menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar Dolar AS untuk komitmen jangka panjang dalam mendukung operasional Tokopedia memberdayakan UMKM di dalam negeri.

"Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia," tertera dalam keterangan resmi GoTo dan TikTok, Senin (11/12/2023).

Saat ini, dua perusahaan yang bermitra tersebut sedang melakukan uji coba denga kampanye “Beli Lokal” yang dilaksanakan bertepatan pada Harbolnas serta adanya konsultasi dan pengawasan dari Kementerian juga lembaga terkait.

Harbolnas sendiri adalah inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal. Dengan adanya kampanye “Beli Lokal” yang hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. 

Program “Beli Lokal” di TikTok Shop, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit lo, Kawula Muda.

Tampilan fitur TikTok Shop saat ini agak sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. 

Kini, calon pembeli harus mengunjungi profil penjual terlebih dahulu. Ketika menekan fitur TikTok Shop dan memilih Marketplace Produk. Tampilan yang muncul di antaranya adalah kolom pencarian, Kategori untuk Anda, hingga Penjualan Terbanyak. Untuk jenis "Kategori" produk yang ditampilkan pun beragam, seperti Kecantikan sampai Perlengkapan Rumah.

Untuk metode pembayarannya sendiri, TikTok Shop menyediakan banyak pilihan di antaranya pembayaran melalui DANA, OVO, transfer bank, hingga Cash On Delivery (COD).

Kawula Muda sendiri sudah mencoba untuk belanja Harbolnas di TikTok Shop, belum?

Berita Lainnya