Tips agar Tidak Malas Jalan Kaki di Indonesia!

Sebelumnya, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling malas jalan kaki sedunia, Kawula Muda!

Ilustrasi seseorang yang sedang berjalan kaki (UNSPLASH/YASIN ARIBUGA)
Sun, 17 Jul 2022

Penelitian dari Stanford University pada 2017 lalu menunjukkan Indonesia menjadi negara paling malas jalan kaki sedunia.

Hal tersebut berdasarkan jumlah rata-rata langkah kaki masyarakat Indonesia yang hanya mencapai 3.513 per harinya. Dengan jumlah tersebut, Indonesia berada di urutan terakhir dari 46 negara yang menjadi partisipan. 

Padahal, kurang bergerak menyebabkan berbagai risiko kesehatan, Kawula Muda. Karena itulah, berikut beberapa tips supaya lo jadi rajin jalan kaki di negara terpaling malas jalan kaki, ya!

Ilustrasi seseorang yang sedang berjalan kaki (UNSPLASH/TAYLOR JACOBS)

  

Bangun Pagi

Bangun lebih pagi tentu dapat meningkatkan semangat dalam diri. Karena itulah, bangun lebih pagi dapat membuat lo dapat merasa produktif karena dapat mengerjakan lebih banyak tugas sehingga merasa produktif. 

Namun, jangan hanya bangun pagi dan uring-uringan di kasur sepanjang hari ya, Kawula Muda! Melainkan, bergeraklah semisal mengambil air, membuka jendela, hingga bersih-bersih rumah. Dengan begitu, lo jadi gak malas bergerak alias mager, ya Kawula Muda!

Taruh Alarm di Tempat yang Jauh

Salah satu cara yang (semoga) efektif untuk mengurangi kemungkinan bangun, mematikan alarm, lalu tidur lagi adalah menaruh alarm di tempat yang jauh. Carilah tempat yang mengharuskan lo berdiri untuk mematikan alarm tersebut, Kawula Muda!

Selain membuat lo harus membuat langkah kecil karena berjalan dari kasur ke tempat alarm tersebut, semoga lo juga jadi segar dan tidak kembali tertarik ke kasur ya, Kawula Muda! 

Belanja Konvensional

Saat ini, terdapat banyak aplikasi yang menyediakan berbagai jasa dan mengantarkannya ke rumah lo secara instan. Padahal, hal tersebutlah yang membuat lo malas untuk bergerak, Kawula Muda! Karena itu, apabila masih berada di jarak yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, yuk jalan kaki!

Parkir yang Jauh

Salah satu kebiasaan yang ‘menyenangkan’ adalah parkir di tempat yang paling dekat dengan pintu masuk. Padahal, ada baiknya juga apabila lo melakukan hal yang sebaliknya loh! Apabila lo parkir di tempat yang jauh, mau tidak mau lo harus berjalan kaki bukan?

Berita Lainnya