Tunaikan Haji Jalan Kaki, Adam Muhammad tempuh 6.500 Km dari Inggris

Adam harus menempuh perjalanan 17,8 km sehari untuk mencapai Arab Saudi

Adam Muhammad (Arab News)
Fri, 08 Jul 2022


Cerita haru datang dari salah satu jemaah haji asal Inggris Adam Muhammad, Adam melakukan perjalanan haji dengan berjalan kaki dan mendorong sebuah gerobak. Aksi tersebut dilakukan Adam guna memenuhi nazarnya beribadah haji ke Makkah dengan berjalan kaki lintas benua.

Jamaah haji berusia 52 tahun tersebut mulai berjalan dari Wolverhampton, Inggris, tempat tinggalnya, pada 1 Agustus tahun 2021 silam, hingga melintasi beberapa negara, seperti Belanda, Jerman, Republik Ceko, Hungaria, Rumania, Bulgaria, Turki, Lebanon, Suriah, dan Yordania dan tentu saja berakhir di Arab Saudi.

Adam menempuh perjalanan hampir 6.500 kilometer dalam rentang waktu 11 bulan dan 26 hari. Dengan rata-rata berjalan hingga 17,8 km sehari dan mencapai Masjid Aisyah di Makkah pada 26 Juni lalu.

Dilansir dari Kompas TV, Adam menyampaikan rasa bahagianya, seperti umat Islam pada umumnya, berhaji menjadi impian terbesar Adam.

“Saya sangat senang menyelesaikan perjalanan saya dan saya mendapat sambutan yang luar biasa, kemurahan hati, dan cinta dari rakyat Saudi dan jamaah haji bangsa lainnya. Saya sangat ingin menunaikan haji karena haji adalah impian terbesar saya,” ujar Adam.

Adam Muhammad (Gulf Today)

Adam mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti selama perjalanannya menuju Makkah, meskipun harus melewati cuaca ekstrem selama perjalanannya.

“Tidak ada kesulitan besar, kecuali beberapa pemberhentian oleh otoritas kepolisian di beberapa negara untuk menanyakan keberadaan saya di negeri mereka. Tetapi mereka terkejut ketika mengetahui tentang perjalanan unik saya.”

Selain berjalan kaki, Adam juga harus mendorong sebuah gerobak yang berisi barang pribadi serta keperluan selama perjalanannya menuju tanah suci. Adam dengan sabar berjalan kaki sekaligus mendorong gerobak dengan berat hingga 250 kg.

Sepanjang perjalanan, banyak orang tergerak untuk membantu Adam selama perjalanan, beberapa orang membantu dengan cara mendorong troli, sebagian lagi menawarkan makanan dan tempat untuk beristirahat.

Berita Lainnya