Twitter X Hanya akan Tampilkan Gambar Berita Tanpa Teks Judul

Tujuannya apa?

X logo (TWITTER/ajtourville)
Fri, 25 Aug 2023

Elon Musk selaku pemilik Twitter X, merencanakan peluncuran dari penampilan baru atas konten link atau tautan berita hanya dengan gambar tanpa teks judul atau deskripsi.

Informasi dini diketahui muncul dari akun X @xdaily yang menyebutkan bahwa X (Twitter) akan mengubah bagaimana tampilan link berita yang terbit di beranda atau timeline tanpa judul.

“BERITA: X mengubah cara tautan berita muncul di timeline,” tulis @xdaily.

“Ini akan menghapus judul/teks sehingga tautan hanya menampilkan gambar utama artikel,” lanjut @xdaily.

Unggahan ini dengan cepat mendapat respons dari Elon Musk yang mengklaim ide perubahan ini akan meningkatkan nilai estetika di Twitter X.

“Ini datang langsung dari saya. Akan sangat meningkatkan estetika.” Tulis Elon Musk di X (Twitter).

Elon Musk akan ubah logo burung biru Twitter menjadi X (TWITTER/elonmusk)

Dilansir dari VOI, sebuah sumber mengatakan kepada Fortune bahwa pembaruan itu bertujuan untuk mengurangi ketinggian ukuran unggahan agar sesuai dengan unggahan di satu layar lainnya. Mereka juga mengatakan bawa Elon Musk berpikir dengan menghapus judul berita utama akan mampu mengurangi clickbait.

Disisi lain, langkah ini diduga merupakan upaya untuk mendorong pengguna X (Twitter) mendaftar ke layanan premium. 

Menurut Elon, berita yang hanya menampilkan cover gambar, membuat pengguna akan cenderung menyertakan lebih banyak teks di dalam unggahannya. Sementara, hanya layanan premium yang mampu mengunggah konten berbasis teks hingga 25 ribu karakter. Hal ini tentu akan menguntungkan pihak X agar penggunanya menggunakan layanan premium.

Namun, hingga saat ini masih belum diketahui kapan pembaruan penampilan berita tanpa teks judul ini akan ditampilkan di timeline Twitter X.

Berita Lainnya