Viral! Bocah Kamboja Dapat Medali Perak Timnas Thailand yang Dibuang

Kira-kira doi bakal jual atau nggak ya, Kawula Muda?

Chhay Sathya pamerkan medali perak yang dilempar oleh timnas Thailand (KOLASE PRAMBORS)
Thu, 25 May 2023


Seorang bocah Kamboja bernama Chhay Sathya menjadi viral setelah mendapat medali perak SEA Games 2023 yang dibuang oleh Jonathan Khemdee, bek tim nasional Thailand.

Sebelumnya, anggota tim nasional Thailand tersebut terlihat kesal usai kalah dari Indonesia 2-5 di final SEA Games 2023. Karena itu, bek Thailand asal Jerman tersebut membuang medali dan boneka souvenir ke arah tribune penonton. 

Chhay Sathya pamerkan medali perak yang dilempar oleh timnas Thailand (SOHA)

 

Setelah melempar medali dan souvenir tersebut, Jonathan banyak mendapat kritikan dan respons negatif publik. Ia pun mengklarifikasi dan menyebut ingin memberikan dua barang itu kepada fans di tribune sebagai rasa terima kasih.

Chhay memang menjadi penonton ‘beruntung’ yang berhasil mendapat medali perak hasil lemparan tersebut. Ia pun segera memamerkan medali perak itu di media sosial Facebook. 

"Medali perak pemain Thailand Jonathan Khemdee bersama saya. Saya suka medali ini karena memiliki simbol negara yang menonjol. Meskipun sudah dibuang, saya tidak akan membiarkan itu, karena itu mewakili semangat rakyat Kamboja," tulis Sathya mengutip CNNIndonesia pada Kamis (25/05/2023).

Pada unggahan itu, banyak penawaran yang diberikan kepada Jonathan untuk menjual medali perak tersebut. Penawaran pun kian meroket, bahkan mencapai 1,8 juta Baht (Rp 77 juta). 

Ada pula warganet yang memberikan saran agar Jonathan melelang medali tersebut. “Silakan lelang demi mendapatkan uang untuk amal. Saya jamin harganya 50 ribu dolar AS (sekitar Rp744 juta)," tulis salah satu akun. Namun, belum ada tanggapan lebih lanjut dari Jonathan mengenai penawaran tersebut. 

Medali SEA Games setiap gelarannya memang memiliki keistimewaan sendiri, karena terdapat ukiran spesial khas negara tuan rumah. Khusus untuk gelaran kali ini, terdapat berbagai simbol Kamboja seperti Angkor Wat, bunga Lamduan, Stadion Morodok Techo, Monumen Kemerdekaan Kamboja, serta Monumen Peringatan Victory. 

Berita Lainnya