Viral Lowongan Kerja Disparekraf DKI Cantumkan iPhone 13 Pro Sebagai Syarat

Kasian yang pakai android ga bisa :(

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro (UNSPLASH/Vanja Matijevic)
Thu, 25 Jan 2024


Unggahan lowongan kerja (loker) kreator konten dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta tuai banyak kritikan, Kawula Muda.

Pasalnya, lembaga milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu membuka lowongan kerja dengan syarat pelamar harus memiliki alat pendukung seperti iPhone 13 Pro atau setara.

Dikutip dari Kompas, loker tersebut mencantumkan beberapa persyaratan seperti memiliki iPhone 13 Pro, bersedia bekerja di akhir pekan, menguasai copywriting dan planning konten, dan yang lainnya.

Selain membuka lowongan kerja untuk content creator, Disparekraf DKI juga membuka loker untuk Redaktur, Desain Grafis, Fotografer, dan Multimedia.

Kelima posisi tersebut memiliki persyaratan yang kurang lebih sama, Kawula Muda.

Persyaratan yang membuat netizen tak habis pikir tersebut adalah mengharuskan peserta rekrutmen untuk memiliki alat kerja sendiri.

Lowongan kerja Disparekraf DKI Jakarta 2024 (disparekraf.jakarta.go.id)

Sontak saja, lowongan kerja tersebut menuai banyak komentar negatif.

Beberapa kritik yang dilayangkan untuk loker Disparekraf DKI Jakarta ini menyayangkan kualifikasi yang dinilai memberatkan pelamar.

Bahkan iPhone 13 sempat menjadi trending topik pembahasan di X atau Twitter pada Kamis (25/1/2024) karena masalah ini.

Lowongan kerja Disparekraf DKI Jakarta ini ditujukan untuk pelamar dengan lulusan minimal D3 dan S1 semua jurusan.

Pendaftaran rekrutmen Tenaga Ahli Publikasi Enjoy Jakarta Tahap 1 ini sudah dimulai dari tanggal 22-24 Januari 2024.

Sementara itu, pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan hari ini, atau 25 Januari 2024, sedangkan untuk seleksi kompetensi akan dilakukan besok, atau 26 Januari 2024.

Hingga tulisan ini dimuat, pihak Disparekraf DKI Jakarta masih belum memberikan tanggapan mengenai kritik terhadap kualifikasi loker tersebut.


Menurut lo gimana Kawula Muda?

Berita Lainnya