Viral usai Debat Cawapres, Apa Arti SGIE dan Carbon Capture and Storage?

Momen paling nyentrik dari debat Cawapres 22 Desember kemarin apa, Kawula Muda?

Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD dalam debat Cawapres Pilpres 2024, 22 Desember 2023 (YouTube/KPU RI)
Sat, 23 Dec 2023

Debat pemilihan presiden (Pilpres) 2024 kedua untuk calon wakil presiden (Cawapres) telah digelar pada Jumat (22/12/2023) dan berhasil menjadi tambahan topik pembicaraan masyarakat seputar pilpres 2024 yang akan terselenggara pada 7 Februari 2024 mendatang.

Hal-hal yang menjadi pembicaraan antara lain dari cawapres pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar yang membawa jargon “slepet” dan memperagakannya dengan sarung yang ia bawa di atas podium debat cawapres semalam.

Cawapres Paslon 1, Muhaimin Iskandar memeragakan adegan 'slepet' dengan sarung saat debat Cawapres (YouTube/KPU RI)

Selain itu, paslon nomor 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan kompak hadir dalam debat kali ini menggunakan pakaian adat yang menarik perhatian publik.

Ganjar menggunakan busana adat Rote, NTT dengan topi tingginya yang khas. Sedangkan Mahfud MD berpakaian adat Madura dengan kaus bergaris merah-putih dibalut blazer berwarna hitam.

Ada pula singkatan dan istilah yang jadi viral, Kawula Muda, yakni SGIE dan Carbon Capture and Storage. Dua istilah tersebut disebut oleh cawapres paslon 2, Gibran Rakabuming Raka di dalam sesi debat.

Istilah yang kurang awam di telinga masyarakat ini pun jadi viral, terutama di sosial media, Kawula Muda. Untuk itu, berikut adalah penjelasan singkat kepanjangan dari SGIE dan arti dari Carbon Capture and Storage yang dirangkum dalam pembahasan di bawah ini.

Apa Kepanjangan dari SGIE?

SGIE atau State of the Global Islamic Economy adalah laporan keadaan ekonomi Islam secara global yang mencakup sektor keuangan halal, kosmetik halal dan obat-obatan halal. Laporan ini dibuat oleh Dinar Standard yang didukung oleh Departemen Ekonomi dan Pariwisata Dubai.

Country Ranking in the Global Islamic Economy Indicator (dinarstandard.com)

Dalam laporan tersebut, Indonesia menempati posisi keempat setelah Malaysia, Saudi Arabia, dan Uni Emirate Arab pada tahun 2022.

Apa Arti dari Carbon Capture and Storage?

Selain SGIE, Carbon Capture and Storage menjadi topik pembicaraan yang juga viral, Kawula Muda. 

Melansir dari situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Carbon Capture and Storage merupakan salah satu teknologi mitigasi pemanasan global dengan cara mengurangi emisi CO2 ke atmosfer.

Teknologi ini merupakan sebuah rangkaian yang dimulai dari penangkapan (capture) CO2 atau karbon dioksida dari sumber emisi gas buang (flue gas), pengangkutan CO2 yang tertangkap ke tempat penyimpanan (transportation), lalu penyimpanan ke tempat yang aman (storage).

Penangkapan CO2 biasanya digunakan dalam proses produksi hidrogen, pengangkutannya sendiri dilakukan menggunakan pipa atau tanker seperti pengangkut gas LPG atau gas umum lainnya.

Sedangkan untuk tempat penyimpanannya, dilakukan ke dalam lapisan batuan di bawah permukaan bumi yang dapat mengurung gas hingga tak bisa lepas ke atmosfer. Biasanya bisa juga disimpan di bawah laut dengan kedalaman tertentu.

Ilustrasi proses Carbon Capture and Storage (BBC Research)

Itulah hal-hal yang menarik dari debat cawapres pada Jumat (22/12/2023) lalu, serta arti dari istilah baru yang disebut dalam debat, Kawula Muda.

Rangkaian dari debat capres-cawapres pilpres 2024 masih akan berlanjut dengan tiga jadwal debat yang masih tersisa. 

Debat Ketiga akan dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Januari 2024 untuk capres dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. 

Dilanjutkan dengan debat Keempat untuk cawapres pada Minggu, 14 Januari 2024 yang mengangkat tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Lalu debat terakhir akan berlangsung di hari Minggu, 4 Februari 2024, untuk Capres dengan tema bahasan meliputi Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi.

Berita Lainnya