Wahana Halilintar Dufan Mati Ketika Menanjak, Antrean Bubar

Lo pernah ngerasain wahana yang berhenti mendadak gak, Kawula Muda?

Wahana halilintar di Dufan, Ancol, mendadak berhenti dan penumpang dievakuasi (TIKTOK)
Thu, 09 Mar 2023

Salah satu wahana ekstrem favorit di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, Halilintar, berhenti mendadak ketika berada di posisi menanjak. Hal itu terjadi pada Selasa (07/03/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Berhentinya wahana tersebut pun terekam oleh salah satu pengguna TikTok, @afniardhia_. Dalam video tersebut, terlihat pengaman kursi para penumpang dibuka agar mereka dapat menjauh dari titik pemberhentian. 

@afniardhia_ di prank malaikat #dufanancol #halilintar #fypシ #bcaxyz ♬ suara asli - apni

Di sisi lain, antrean yang sebelumnya sudah mengular panjang juga terlihat terpecah. Banyak pengunjung yang akhirnya memutuskan untuk membubarkan diri. “Liat kita udah ngantri, orang udah panik. Bubar, bubar, bubar, bubar, pada bubar,” terdengar suara pengguna TikTok dalam video tersebut. 

Menanggapi kejadian tersebut, pihak Dufan angkat suara. Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Ariyadi Eko Nugroho menjelaskan terjadi gangguan yang dideteksi oleh sensor keamanan halilintar. Kemudian, pihak keamanan memutuskan untuk menghentikan kereta di jalur evakuasi. 

“Hal ini terjadi karena sensor keamanan wahana mendeteksi adanya gangguan sehingga mengaktifkan fungsi pengamanan wahana dan menghentikan kereta di jalur aman evakuasi,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari Tempo. 

Ilustrasi wahana halilintar di Dufan, Ancol (ANCOL)

 

Lebih lanjut, ia menyatakan seluruh pengunjung yang menaiki wahana telah dievakuasi tanpa adanya cedera. Selain itu, ia juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengunjung. 

Setelah insiden tersebut, petugas wahana kembali memeriksa halilintar tersebut. Kemudian, halilintar pun dinyatakan aman dan dapat kembali beroperasi sekitar pukul 14.21 WIB. 

Adapun ini bukan pertama kali terdapat wahana ekstrem di Dufan yang berhenti mendadak ketika beroperasi. Pada 24 Desember 2022 lalu, wahana tornado juga sempat mengalami gangguan. 

Kala itu, tornado berhenti mendadak karena sistem sensor keamanan yang mendeteksi adanya gangguan. Kala itu, Eko menjelaskan bahwa pemberhentian mendadak tersebut juga merupakan upaya agar penumpang dapat bermain dengan aman dan tetap selamat. 

Berita Lainnya