Viral Wahana Tornado Dufan Berhenti Mendadak, Ini Faktanya!

Kawula Muda, semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi ya :(

Ilustrasi wahana tornado di Dufan yang berhenti secara mendadak (TRIBUN)
Mon, 02 Jan 2023


Unggahan mengenai Wahana Tornado mati mendadak ketika beroperasi di Dufan (Dunia Fantasi) Ancol, Jakarta, viral di sosial media. 

Insiden Wahana Tornado ini direkam pengunjung Dufan dan viral di media sosial, Kawula Muda. Peristiwa yang terjadi pada Sabtu (24/12/2022) tersebut seketika membuat pengunjung panik.

Menurut pihak Ancol, insiden tersebut diakibatkan oleh permasalahan pada sistem sensor ketika Wahana Tornado sedang beroperasi.

Meski sudah terjadi sejak satu minggu lalu, video tersebut rupanya baru viral akhir pekan ini, Kawula Muda.

"Jadi itu terjadi di Tornado, tapi bukan hari ini. Kejadiannya tanggal 24 Desember sekitar jam 4 sore. Jadi malam Natal, hari Sabtu juga minggu lalu. Saat itu ada salah satu sensor dari Tornado yang kurang clear, itu mengakibatkan sistem safety Tornado jalan. Jadi wahana itu langsung berhenti operasi, permainan berhenti," kata Eko, Staf Humas Ancol seperti dikutip dari Detik, Minggu (01/01/2023).

Diduga, salah satu wahana favorit di Dufan ini berhenti mendadak karena sensor terkena air hujan. Diketahui, sesaat sebelum kejadian pada Sabtu (24/12/2022) sempat terjadi hujan di kawasan Dufan. 

Pada saat sensor mengalami masalah, sistem keamanan di Wahana Tornado akan menyala secara otomatis untuk menghentikan laju wahana yang masih bergerak. 

"Jadi memang ini adalah bagian dari salah satu fungsi dari safety-nya wahana untuk menjaga agar penumpang tetap selamat," kata Eko.

Insiden tersebut sempat memicu kepanikan mengingat proses mengembalikan sistem Wahana Tornado seperti sedia kala membutuhkan waktu 5 menit sehingga pengunjung sempat tertahan dalam posisi miring.

Setelah petugas berhasil mengembalikan sistem ke posisi semula, barulah pengunjung dievakuasi, Kawula Muda. 

Setelah mengevakuasi pengunjung, petugas mengecek wahana Tornado secara menyeluruh. Sejam kemudian, wahana pun kembali beroperasi.

"Kami lakukan pengecekan menyeluruh, kami lakukan pengecekan sensor menyeluruh. Alhamdulillah, aman. Jam 5 kami buka kembali sampai saat ini juga masih beroperasi ya, nggak ada masalah. Hari ini aman, nggak ada trouble sama sekali," lanjut Eko.

Stay safe, Kawula Muda!

Berita Lainnya