10 Cara Agar Tidak Malas Olahraga, Ikutan Sunset Fit Gratis di Prambors!

Jadi udah enggak ada alasan untuk malas berolahraga lagi kan, Kawula Muda?

Tips agar tidak malas olahraga, cobalah olahraga bersama teman-teman atau ikutan Sunset Fit di Prambors! (UNSPLASH)
Fri, 17 Feb 2023

Olahraga menjadi salah satu aktivitas wajib yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain banyak kelebihannya, manfaat olahraga juga tidak sedikit loh, Kawula Muda. Meski begitu, faktanya banyak orang yang masih malas berolahraga

Tidak hanya faktor internal, faktor eksternal juga turut mendukung seseorang jadi malas berolahraga. Lantas, bagaimana tips dan cara agar lo tidak malas berolahraga? Simak tips menambah motivasi berolahraga di bawah ini, jangan takut kalau lo tidak punya teman atau pasangan untuk olahraga bareng, ya!

1. Cari Kesenangan dalam Olahraga

Olahraga bersama bisa hilangkan rasa malas dan tingkatkan manfaat olahraga! (UNSPLASH)

Sudah menjadi rahasia umum jika berolahraga akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan membuat tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks. Lewat cara tersebut, perlahan-lahan lo akan menemukan kesenangan dan terhindar dari rasa malas ketika berolahraga , Kawula Muda.

Lo juga bisa mulai mencoba olahraga yang ringan atau beberapa macam olahraga, nantinya lo akan menemukan ritme dan olahraga mana yang lo sukai. Tidak hanya itu, lo juga akan menemukan kesenangan yang hanya bisa lo rasakan sendiri ketika berolahraga!

2. Mulai dengan Durasi yang Singkat

Memaksakan diri langsung berolahraga berat padahal belum terbiasa berolahraga sebelumnya akan membuat tubuh lo sakit, Kawula Muda. Efeknya bisa membuat badan lo sakit-sakitan dan merasa kapok. Lo bisa mencoba olahraga dengan durasi yang singkat, misalnya 7 menit setiap harinya.

Setelah beberapa hari melakukan olahraga dengan durasi 7 menit, lo bisa menambahkan durasi sedikit demi sedikit. Pelan-pelan, rasa malas berolahraga akan hilang!

3. Dengarkan Musik

via GIPHY

Mendengarkan musik ketika berolahraga bisa menjadi salah satu tips ampuh agar lo tidak malas berolahraga, Kawula Muda. Lo bisa membuat daftar putar lagu pilihan yang lo sukai dan bisa menambah semangat lo. 

4. Jadikan Olahraga sebagai Challenge untuk Diri Sendiri

Berolahraga adalah tantangan untuk diri lo sendiri. Oleh karena itu, jangan membandingkan diri dengan orang lain ya, Kawula Muda! Cobalah untuk fokus pada diri sendiri dan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Fokus dengan tujuan lo ketika berolahraga dan selalu berpikir positif akan kemajuan yang dihasilkan akan membuat lo tidak malas berolahraga.

5. Sadari Manfaat Olahraga

Kawula Muda, rasa malas olahraga memang wajar, namun manfaat yang akan lo dapatkan ketika berolahraga justru lebih penting! Tidak hanya menjadi investasi kesehatan di masa depan, manfaat olahraga tidak hanya membuat diri lo lebih produktif dan berenergi, loh. Dengan berolahraga secara rutin, kesehatan mental juga akan menjadi lebih baik. Tentunya, hal ini akan memberikan manfaat berkali-kali lipat dibandingkan rasa malas yang lo rasakan.

6. Fleksibilitas dengan Jadwal

Melansir Dokter Sehat, membuat beberapa kelonggaran itu penting, loh! Hal tersebut dilakukan agar lo tetap memiliki semangat untuk berolahraga. 

Jangan terlalu kaku dengan jadwal olahraga lo, Kawula Muda! Namun, jangan terlalu santai dan menjadi lupa akan tujuan lo dan jadi malas berolahraga, ya.

7. Tetapkan Tujuan Ketika Berolahraga

Jika lo malas berolahraga dan tidak terbiasa melakukannya sebelumnya, lo perlu menentukan tujuan terlebih dahulu, Kawula Muda. Seperti yang dikutip dari WebMD, psikolog olahraga di Duke Center for Living di Carolina Utara mengatakan bahwa pemula biasanya ingin hasil instan yang maksimal. 

Meski hal tersebut wajar, hal tersebut kadang hanya akan menekan diri lo, Kawula Muda. Tetapkan tujuan yang sederhana di awal, misalnya turun berat badan 5 kg dalam 2-4 bulan atau berolahraga 2-3 kali dalam seminggu selama 20-30 menit. 

8. Buat Komitmen

Jangan lupakan komitmen ketika berolahraga. Salah satu hal yang membuat lo malas berolahraga adalah lo tidak membuat komitmen di awal, Kawula Muda. Berkomitmen untuk tujuan yang ingin lo capai membuat lo tetap di jalur yang sudah direncanakan.

9. Jangan Lupakan Apresiasi dan Hadiah untuk Diri Sendiri

Setelah mencatat kemajuan atau progres yang lo dapatkan ketika olahraga, jangan lupakan apresiasi diri ya, Kawula Muda. Memberikan hadiah untuk diri sendiri secara tidak langsung memiliki efek yang kuat karena otak dapat mengaitkan hubungan bahwa perilaku itu bermanfaat. Pada akhirnya, hal ini meningkatkan kemungkinan rutinitas menjadi kebiasaan. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih semangat lagi dalam menjalani olahraga, dengan target baru lainnya. 

10. Olahraga Bareng Penyiar Prambors dan Artis Kejutan di Sunset Fit!

Malas berolahraga? Olahraga bareng Julio dan Genus aja di Sunset Fit! (PRAMBORS)

Salah satu tips paling ampuh untuk melawan rasa malas berolahraga adalah dengan olahraga bersama-sama. Jika teman-teman lo susah diajak berolahraga atau belum memiliki pasangan yang bisa menemani lo, salah satu cara yang bisa lo lakukan adalah dengan mengikuti Sunset Fit di Prambors!

Kali ini, dua penyiar Sunset Trip, yaitu Genus dan Julio mau mengajak lo seru-seruan olahraga bareng di Better Shape, nih.

Bakal ada surprise tamu undangan artis Ibu Kota juga, loh! Tidak hanya itu, lo bisa bertemu Kawula Muda lainnya yang bakal jadi partner olahraga baru lo. Jadi, tunggu apa lagi, Kawula Muda? Yuk, daftarkan diri lo di sini atau cek Prambors Radio Apps di bagian event “Sunset Fit”.

Bagi Kawula Muda yang beruntung dan terpilih untuk olahraga bareng di Better Shape pada 22-24 Februari 2023 juga bakal dapat exclusive merchandise dari Prambors Sunset Trip secara gratis!

Buruan daftar ya, Kawula Muda! Dijamin lo enggak akan malas berolahraga lagi, deh.

Berita Lainnya