5 Negara Berpotensi Gantikan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Semoga tetep bisa di Indonesia ya, Kawula Muda :)

Piala Dunia U-20 2023 (FIFA)
Tue, 28 Mar 2023

Indonesia merupakan negara yang seharusnya menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023. Namun, baru-baru ini, hangat dibicarakan pembatalan pelaksanaan pesta olahraga tersebut di tanah air. 

Walau belum diumumkan secara resmi, isu tersebut mulai bermunculan sejak batalnya acara drawing yang awalnya digelar di Bali pada akhir bulan ini. Hal itu didasari oleh penolakan Gubernur Bali, Wayan Koster, yang menolak kedatangan tim nasional (timnas) Israel ke Indonesia. 

Piala Dunia U-20 2023 (DOBLEAMARILLA)

 

Koster diketahui menulis surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada 14 Maret 2023 yang isinya menyatakan sikap menolak Timnas Israel berlaga di Bali. Padahal, Koster sempat menyatakan siap mendukung gelaran Piala Dunia U-20 2023 dalam rapat di bulan Januari 2023 bersama Zainudin Amali yang saat itu menjabat sebagai Menpora.

Menurut media Argentina, Doble Amarilla, FIFA sendiri sudah angkat suara soal status tuan rumah Indonesia. Induk federasi sepakbola dunia itu mengaku sedang mengevaluasinya.

"Semuanya sedang dievaluasi dan ini akan menjadi jam-jam krusial," kata sumber FIFA menurut Doble Amarilla.

Menghadapi hal tersebut, beberapa negara telah disebut-sebut sebagai calon pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Berikut adalah beberapa negara yang berpotensi menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Kawula Muda! 

Argentina

Ilustrasi bendera Argentina (UNSPLASH/ANGELICAREYES)

 

Argentina adalah salah satu kekuatan sepak bola dunia dan memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional. Negara ini telah menjadi tuan rumah Piala Dunia dan juga menjadi tuan rumah Copa America beberapa kali. 

Argentina juga memiliki infrastruktur yang memadai untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional, dengan stadion-stadion besar dan modern yang tersebar di seluruh negara. Selain itu, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) dikabarkan telah mengirim proposal resmi kepada FIFA mengenai kesanggupan mereka untuk menggantikan Indonesia. 

Mengenai latar belakang, kuat diduga pelaksanaan ini demi menunjang kepastian masuknya Timnas U-20 Argentina untuk menjadi salah satu tim yang berlaga di Piala Dunia U-20 tahun ini. 

Selain itu, diduga juga langkah ini diambil Argentina agar masuk ke ajang pencalonan tuan rumah untuk Piala Dunia 2030.

Peru

Ilustrasi bendera Peru (UNSPLASH/ADRIAN DASCAL)

 

Peru adalah negara yang sangat terkenal dengan budayanya yang kaya, dengan pegunungan Andes dan Machu Picchu yang terkenal. Namun, Peru juga memperlihatkan kemajuan pesat dalam bidang infrastruktur dan pariwisata. 

Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini telah menyelesaikan beberapa proyek infrastruktur besar, termasuk bandara dan jaringan jalan raya. Selain itu, mengutip CNNIndonesia, pengamat sepak bola Yesayas Oktavianus mengklaim FIFA telah mengambil keputusan dengan menunjuk Peru sebagai tuan rumah gelaran ini.

“Informasi ini informasi A1 yang diperoleh oleh Ray soccer tv pada sore minggu ini tanggal 26 Maret bahwa pemerintah belum menyampaikan secara resmi namun berita ini hampir pasti menjadi kebenaran nantinya," terang Yesayas.

Sebagai informasi, Peru memang merupakan salah satu pesaing Indonesia sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 bersama Brasil. Namun, kala itu, FIFA memilih Indonesia, Kawula Muda! 

Qatar

Ilustrasi bendera Qatar (UNSPLASH/ROWENSMITH)

 

Qatar adalah negara yang memiliki banyak pengalaman dalam menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional, termasuk Piala Dunia 2022. Negara ini telah mengembangkan infrastruktur yang sangat canggih dan modern, dengan stadion-stadion yang dilengkapi dengan teknologi terkini. 

Selain itu, Qatar juga memiliki sumber daya finansial yang sangat besar, sehingga mampu menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional dengan sangat baik. Qatar juga akan segera menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. 

Karena itulah, banyak pihak yang turut memasukkan negara ini sebagai nominasi, Kawula Muda!

Brasil

Ilustrasi bendera Brazil (UNSPLASH/RAMON BUCARD)

  

Brasil merupakan negara yang sangat terkenal dengan sepak bola, bahkan disebut-sebut sebagai negara yang memperkenalkan sepak bola ke dunia. Negara ini telah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada beberapa kesempatan, yakni pada 1950 dan 2014. 

Brasil memiliki infrastruktur yang memadai untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional, termasuk stadion-stadion besar dan modern. Selain itu, negara ini memiliki pengalaman yang sangat baik dalam menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional.

Selain itu, negara ini turut ikut merupakan salah satu pesaing Indonesia sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 bersama Peru. Karena itulah, Brasil memiliki kesempatan yang cukup besar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia ini.

Amerika Serikat

Ilustrasi bendera Amerika Serikat (UNSPLASH/AARON BURDEN)

 

Amerika Serikat adalah negara yang telah menjadi tuan rumah beberapa turnamen sepak bola internasional, termasuk Piala Dunia 1994. Selain itu, negara juga menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2026 mendatang bersama Kanada dan Meksiko. 

Sama seperti Indonesia, negara ini memiliki sumber daya lahan yang sangat luas. Selain itu, Amerika Serikat turut memiliki infrastruktur yang sangat canggih dan modern, dengan stadion-stadion besar dan fasilitas yang sangat baik.

Walau terdapat beberapa negara kandidat tersebut, keputusan akhir tentang apakah negara tersebut atau Indonesia yang akan tetap menjadi tuan rumah akan bergantung pada keputusan FIFA.

Berita Lainnya